Indahnya Tol Cisumdawu, di Atasnya Ada Jalan Berkelok dan Tembus Gunung

Senin, 9 September 2019 11:21 Reporter : Syifa Hanifah
Indahnya Tol Cisumdawu, di Atasnya Ada Jalan Berkelok dan Tembus Gunung Jalan Tol Cisumdawu. ©2019 Instagram

Merdeka.com - Jalan Tol Cileungi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang menghubungkan Ranca Kalong dan Sumedang, Jawa Barat, penuh dengan pemandangan indah. Hal ini terlihat dari foto yang diunggah Presiden Joko Widodo (Jokowi) di akun instagramnya @Jokowi.

Di foto itu terlihat jelas keindahan dari atas tol terdapat jalan yang berkelok-kelok yang menambah indah Tol Cisumdawu jika terlihat dari atas. Berikut penampakan indahnya Tol Cisumdawu berdasarkan foto-foto yang diunggah Jokowi:

2 dari 4 halaman

Menembus Perut Gunung

gunung rev1

Tol Cisumdawu berdasarkan keterangan yang ditulis Presiden Jokowi di akun instagramnya, Jalan tol dua arah bersisian melalui terowongan kembar sepanjang 472 meter menembus perut gunung.

Terowongan ini berada di seksi dua Jalan Tol Cisumdawu. Jalan tol ini panjangnya 61,5 kilometer yang terdiri atas enam seksi. Seksi 1-3 sepanjang 32,3 kilometer ditargetkan rampung akhir tahun 2020.

Ada pun sisanya, seksi 4-6 sepanjang 29,2 kilometer sebagian dalam tahap konstruksi, sebagian dalam tahap pembebasan pembebasan lahan.

3 dari 4 halaman

Terdapat Jalan Berkelok-kelok

berkelok kelok rev1

Tol Cisumdawu disungguhkan dengan pemandangan yang indah. Dari atas Jalan Tol Cisumdawu terlihat begitu indah. Di atasnya terdapat jalan-jalan dan jembatan bersilangan menghubungkan permukiman warga Desa Cilengser di Kecamatan Ranca Kalong, Sumedang.

Selain terdapat jalan-jalan dan jembatan yang bersilangan, Jalan Tol Cisumdawu juga disuguhkan pemandangan alam yang Indah. Dari kejauhan terlihat gunung menjulang dan masih berselaput kabut.

4 dari 4 halaman

Mempermudah Akses ke Bandara Kertajati

ke bandara kertajati rev1

Kehadiran Tol Cisumdawu akan memperlancar akses kendaraan dari Bandung yang menuju Bandara Kertajati di Majalengka dan mendukung pengembangan kawasan 'segitiga emas' Cirebon-Subang-Majalengka sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Diharapkan dengan dibangunnya Tol Cisumdawu mampu meningkatkan jumlah penumpang bandara Kertajati dan meningkatkan perekonomian warga. [dan]

Baca juga:
Pemerintah Target Tol Cisumdawu Berfungsi Operasional Lebaran 2020
Kerja Lambat, Proyek China di Tol Cisamdawu Diambil Alih Kementerian PUPR
Tol Cisumdawu Bakal Miliki Terowongan Terpanjang di Indonesia
Saat Tol Cisumdawu Beroperasi, Bandung-Kertajati Cuma Butuh Waktu 45 Menit
Pembangunan Tol Cisumdawu Seksi III Ditargetkan Rampung Desember 2019

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini