Imunisasi, Prokes dan 3T Jadi Kunci Menuju Endemi Covid-19

Jumat, 1 Oktober 2021 12:41 Reporter : Fikri Faqih
Imunisasi, Prokes dan 3T Jadi Kunci Menuju Endemi Covid-19 5 Persiapan Penting Sebelum Terbang Lagi di Era Adaptasi New Normal. ©Shutterstock

Merdeka.com - Ahli epidemiologi dari Universitas Andalas Sumatera Barat, Defriman Djafri mengatakan, imunisasi Covid-19, protokol kesehatan (prokes) dan 3T (pengujian, pelacakan kontak dan perawatan) menjadi kunci mengubah status Covid-19 dari pandemi menuju endemi.

"Ini menjadi kunci dan juga bekal untuk kita hidup berdampingan dengan Covid-19," katanya saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat (1/10).

Dia mengungkapkan, imunisasi Covid-19, protokol kesehatan dan 3T juga merupakan fondasi untuk bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

Untuk itu, fondasi tersebut perlu dijadikan sebagai kebiasaan baru dalam kehidupan setiap warga di Indonesia untuk dapat mengakhiri pandemi Covid-19.

"Kalau fondasi ini sudah menjadi kebiasaan baru, pandemi akan berakhir dengan sendirinya," ujarnya.

Agar dapat hidup berdampingan dengan Covid-19 dan menuju endemi Covid-19, harus diupayakan bisa menekan dan mengendalikan kasus Covid-19 serta mencegah kasus baru Covid-19. Itu bisa dilakukan dengan menerapkan tiga kunci tersebut sebagai fondasi dan kebiasaan baru dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

"Banyak orang bertanya kapan pandemi berakhir, jawabannya ketika kebiasaan baru dalam menerapkan protokol kesehatan sudah benar-benar terbentuk di masyarakat," tutup Defriman.

Selain itu, untuk mencegah gelombang ketiga Covid-19, Defriman mengatakan saat ini ada dua hal utama yang harus dimaksimalkan, yakni pengawasan protokol kesehatan di setiap aktivitas dan menggenjot cakupan vaksinasi Covid-19 agar bisa di atas 70 persen. [fik]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini