Imbau umat muslim hormati yang tak puasa, Menag malah dikecam

Sabtu, 20 Juni 2015 09:10 Reporter : Siti Nur Azzura
Imbau umat muslim hormati yang tak puasa, Menag malah dikecam Lukman Hakim Saifuddin. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan agar dalam bulan Ramadan ini setiap umat Islam bisa menghormati sesama yang tidak menjalankan puasa. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya pihak yang memaksa agar warung-warung ditutup selama berlangsungnya Bulan Ramadan.

Pernyataan ini diucapkannya melalui akun Twitter Lukman Hakim, @lukmansaifuddin, sebagai permintaan dari Agung Prasetyo Utomo, melalui akun twitternya @agungprasetyo_u untuk menutup warung-warung. Menurut Agung, warung-warung yang dibuka saat siang hari itu akan mengurangi nikmat puasa.

"Warung-warung tak perlu dipaksa tutup. Kita harus hormati juga hak mereka yang tak berkewajiban dan tak sedang berpuasa," tulis Lukman, Senin (8/6).

Lukman bersikukuh bahwasanya dengan membiarkan warung-warung tetap buka, akan memudahkan pemeluk agama lain. Islam harus menjadi agama yang toleran. Sejauh ini penutupan paksa terhadap warung-warung di bulan puasa merupakan tindakan sepihak yang dilakukan ormas berbau islami.

Bukan hanya itu, Lukman juga mengaku cuitan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan toleransi umat beragama. Menurutnya, umat Islam sebagai penduduk mayoritas di Indonesia sudah sepantasnya menghormati orang yang tidak berpuasa karena berbeda keyakinan.

Sayangnya, pernyataan Lukman memunculkan kontroversi di berbagai kalangan. Mereka menilai, tidak semua pernyataan yang diniatkan untuk kebaikan dimaknai baik oleh masyarakat.

Berikut komentar-komentar dari berbagai pihak mengenai pernyataan Lukman agar umat muslim menghormati sesama yang tidak berpuasa, seperti yang berhasil dihimpun merdeka.com, Sabtu (20/6).

Baca Selanjutnya: DPR minta Menag klarifikasi pernyataannya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini