Imbas Covid-19, 37.000 Pekerja Migran Sudah Pulang ke Daerah Masing-Masing

Selasa, 7 April 2020 11:05 Reporter : Merdeka
Imbas Covid-19, 37.000 Pekerja Migran Sudah Pulang ke Daerah Masing-Masing Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono. ©Istimewa

Merdeka.com - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan KRI di Batam untuk mengangkut para pekerja Migran dari Malaysia.

"Kita sudah siapkan KRI di Batam, namun belum ada pekerja migrannya," kata Yudo saat dikonfirmasi, Selasa (7/4).

Dia menuturkan, tidak adanya para pekerja Migran di KRI, karena sudah banyak yang pulang sendiri ke tempat masing-masing.

"Mereka sudah pulang ke tempat masing-masing dengan pesawat maupun kendaraan darat," ungkap Yudo.

Dia menuturkan, total yang sudah balik sendiri ada 30 ribuan. "Sampai saat ini tercatat dari imigrasi 37.222 orang," katanya.

Sebelumnya, Yudo menyatakan kesiapan militer Indonesia dalam menjemput warga Indonesia khususnya tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia. Diketahui kepulangan mereka menyusul Lockdown yang diberlakukan Malaysia untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Bahwasanya kemarin banyak migran dari Malaysia yang akan kembali ke Indonesia. Kogabwilhan 1 juga sudah mengkoordinir untuk pelaksanaan pemulangan," kata Yudo.

Dalam skema pemulangan tersebut, lanjut Yudo, pihaknya bersama TNI Angkatan Laut telah menyiapkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI). Saat ini, KRI telah bersiap di wilayah perairan Batam menunggu komando lanjutan.

"Kogabwilhan I dengan Angkatan Laut akan menggerakkan KRI-KRI, yang saat ini KRI yang sudah standby di Batam," jelas Yudo.

Terkait jumlah, Yudo belum merinci total pasti berapa jumlah TKI yang akan dibantu pemerintah dalam skema evakuasi tersebut. Namun untuk sementara ini diestimasikan sekira 20 ribu orang yang akan ikut dalam skema pemulangan ini.

"Sewaktu-waktu kami siap untuk mengangkut mereka khususnya yang ke Jawa sudah siap di Batam. Dan harapannya dengan hari ini kita laksanakan rapat perencanaan dengan Pemda setempat," kata Yudo.

Reporter: Putu Merta
Sumber : Liputan6.com [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini