Ilham Habibie Kenang Ayahnya Hafal Jumlah Hari Ditinggalkan Ainun

Kamis, 12 September 2019 19:12 Reporter : Hari Ariyanti
Ilham Habibie Kenang Ayahnya Hafal Jumlah Hari Ditinggalkan Ainun Foke temani Habibie ziarah ke makam Ainun. ©2013 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Putra pertama mendiang BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie mengenang betapa ayahnya sangat mengingat dengan rinci berapa lama telah ditinggalkan sang istri, Hasri Ainun Habibie. Setiap hari Habibie selalu menghitung hari telah berapa lama dia ditinggalkan istri tercintanya.

Itulah bukti betapa Habibie sangat mencintai dan merasa sangat kehilangan sosok Ainun. Habibie juga dikenal sebagai sosok suami yang sangat setia. Kini Habibie telah dimakamkan di sisi makam istrinya di TMP Kalibata.

"Kalau kita tanya bapak, 'Pak, kapan Ibu Ainun meninggal?' Bapak langsung tahu sembilan tahun sekian bulan sekian hari," jelasnya di TMP Kalibata, Kamis (12/9) sore.

Sebagai tanda cinta kepada mendiang istrinya, Habibie juga tak pernah lupa tahlilan. Tahlilan dilakukan setiap hari.

"Tiap hari bapak itu tahlilan. Kalau pun bapak pulang malam, jam 12, jam 1 pasti dimulai dan tahlilan sampai tuntas," jelasnya.

Jika tengah dalam perjalanan seperti di pesawat terbang, dalam mobil, tahlilan tetap dilakukan sekali sehari. Selain itu Habibie juga selalu berusaha setiap Jumat berziarah ke makam Ainun.

"Kalau bapak di Jerman susah ya. Tapi kalau di Indonesia minimal satu kali seminggu ke TMP Kalibata untuk menjenguk dan berdoa di makam. Itulah bapak, setia pada yang dicintainya sampai dengan sudah wafat. Dan sekarang saya yakin mereka berdua bisa menyatu lagi di surga, di alam baka seperti yang kita inginkan dan doakan bagi mereka berdua," pungkasnya. [bal]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini