IDI Minta Pemprov Jateng Terbuka Soal Sebaran Virus Corona di Wilayahnya

Senin, 30 Maret 2020 05:27 Reporter : Danny Adriadhi Utama
IDI Minta Pemprov Jateng Terbuka Soal Sebaran Virus Corona di Wilayahnya Pemeriksaan corona dengan drive thru di Spanyol. ©2020 AFP PHOTO/CESAR MANSO

Merdeka.com - Pemprov Jawa Tengah diminta transparan terkait peta penyebaran virus Corona di 35 kabupaten kota. Sebab selama ini, informasi yang diberikan kurang detail, bila diumumkan masih menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

"Harusnya semua daerah terpapar Corona perlu dibuka. Masyarakat supaya tahu berapa ODP, PDP maupun yang positif terkena virus di wilayahnya," kata Kabid Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Tengah, dr Reni Yulianti saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (29/3).

Dia mengungkapkan, dengan diumumkan secara detail persebaran virus itu memudahkan tim medis atau kesehatan untuk terlibat menangani kasus virus Corona yang merebak di tiap daerah. Selain itu, masyarakat perlu tahu daerah sebaran virus Corona sehingga pencegahan di masing-masing lingkungan rumah dapat ditingkatkan.

"Jadi intinya IDI Jateng siap sinergi dengan Pemprov dalam tangani pasien Corona. Diharapkan penanganan dilakukan untuk selamatkan pasien yang terpapar supaya sembuh," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Sebab selama ini, imbauan dari Pemprov Jateng masih sebatas social distancing saja. Sedangkan disisi lain banyak masyarakat yang tidak merespon anjuran tersebut.
Bahkan, beberapa pejabat di daerah juga sudah melontarkan pernyataan bahwa wilayahnya belum terjangkit virus Corona.

"Soal APD bagi tenaga kesehatan harus segera di fasilitasi agar tim yang menangani pasien tidak resiko. Jika ada rumah sakit yang masih membutuhkan APD untuk segera diperhatikan," tutupnya. [rnd]

Baca juga:
Pulang dari Jakarta, Driver Ojol Jadi PDP Covid-19 di RSDP Serang
Corona di Kabupaten Bogor: Dua Sembuh, Tiga Positif Covid-19
Jakarta Disarankan Lockdown Mulai dari Tingkat RT
Satu Sembuh, Muncul Lagi Satu Pasien Positif Covid-19 di Riau
Melalui Telepon, Putra Mahkota Arab Saudi Sampaikan Duka Cita Pada Jokowi
Satu Pasien Positif Corona di Kota Tasikmalaya Meninggal Dunia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini