ICW Pesimistis Lima Pimpinan Baru KPK akan Tuntaskan Kasus Besar

Jumat, 20 Desember 2019 14:00 Reporter : Ahda Bayhaqi
ICW Pesimistis Lima Pimpinan Baru KPK akan Tuntaskan Kasus Besar ICW gelar aksi teatrikal di depan Gedung KPK. ©2019 Merdeka.com/Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana pesimistis dengan lima pimpinan baru KPK. Kurnia tidak yakin lima komisioner dapat menyelesaikan kasus besar yang belum selesai di komisi antirasuah.

Kurnia menyebut ada 12 perkara besar yang harus dituntaskan oleh pimpinan baru. Dia menyebut salah satu kasus tersebut adalah kasus BLBI.

"Jadi 5 orang pimpinan kita pesimis menuntaskan perkara besar ditambah lagi dengan UU baru maka kita tidak percaya mereka bisa menuntaskan perkara besar, misalnya BLBI," ujar Kurnia di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (20/12).

Kurnia tidak yakin lima pimpinan baru komisi antirasuah akan serius menanggapi kritik masyarakat terkait penuntasan kasus besar. Dia mengatakan, penindakan KPK saat ini bakal terganggu dengan UU KPK baru.

ICW menegaskan akan kritis terhadap pimpinan baru. Apalagi, kata Kurnia, lima yang akan dilantik ini tidak diekspektasikan membawa KPK ke arah yang lebih baik.

"Sedari awal memang nanti dilantik, kita pesimis 5 orang ini akan membawa perubahan ke arah yang lebih baik," katanya.

Presiden Joko Widodo akan melantik lima pimpinan baru KPK. Mereka adalah, Ketua Komjen Pol Firli Bahuri, Wakil Ketua Alexander Marwata, Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, dan Nurul Ghufron. Selain pimpinan KPK, Jokowi melantik lima dewan pengawas KPK. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. KPK
  3. Pimpinan KPK Baru
  4. ICW
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini