Ibas: Demokrat Terus Mengawal, KPK Tak Boleh Dilemahkan

Selasa, 10 September 2019 16:05 Reporter : Yunita Amalia
Ibas: Demokrat Terus Mengawal, KPK Tak Boleh Dilemahkan Ibas. ©2017 merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Fraksi Partai Demokrat, Edhi Baskoro Yudhoyono alias Ibas menegaskan Partai Demokrat akan terus mengawal eksistensi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Di tengah pembahasan revisi undang-undang KPK, Ibas mengatakan pihaknya bertekad menguatkan lembaga anti rasuah tersebut.

"Poinnya adalah kami Partai Demokrat akan terus mengawal KPK. KPK tidak boleh dilemahkan, KPK harus diperkuat, dan KPK itu menjadi pilar pembangunan hukum Indonesia," ujar Ibas di sela-sela pertemuan nasional anggota DPR/DPRD fraksi Demokrat periode 2019-2024 di Jakarta Convention Centre, Selasa (10/9).

Kendati demikian, putra bungsu mantan Presiden ke-6 Indonesia itu mengatakan dalam pembahasan ini pihak eksekutif, legislatif, dan KPK, dan masyarakat harus saling mendengar segala masukan.

Menurutnya, tidak boleh ada lembaga yang tidak bisa diatur atau terlalu kuat dalam menjalankan tugasnya.

"Sekali lagi kita tekankan tidak boleh ada yang dilemahkan dan tidak boleh ada yang terlalu kuat," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, pembahasan revisi undang-undang KPK menuai protes keras. DPR mengklaim pembahasan revisi ini sudah disetujui oleh pemerintah.

Para pegiat anti korupsi menilai pasal-pasal yang akan direvisi nantinya bukan memperkuat KPK melainkan sebaliknya. Seperti penyelidik tidak lagi independen melainkan harus berasal dari kepolisian, status lembaga KPK berubah menjadi lembaga eksekutif. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini