HUT ke-76 RI, SBY Minta Pemerintah Dengarkan Suara Rakyat

Selasa, 17 Agustus 2021 11:47 Reporter : Supriatin
HUT ke-76 RI, SBY Minta Pemerintah Dengarkan Suara Rakyat SBY ikuti upacara HUT ke-76 RI. ©istimewa

Merdeka.com - Presiden ke-6 Republik Indonesia (RI), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan pesan kepada pemerintah dan rakyat pada peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI. Pesan ini terkait kondisi dalam menghadapi pandemi Covid-19.

SBY mengatakan pandemi Covid-19 yang sudah melanda Indonesia lebih dari setahun berdampak besar pada kehidupan sosial dan ekonomi. Dampak ini dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia di seluruh penjuru Tanah Air.

Dia mengakui pemerintah telah berupaya keras mengatasi krisis akibat pandemi Covid-19. Namun, kerja keras pemerintah belum selesai, sebab pandemi Covid-19 masih menghantam Indonesia.

"Pemerintah dan masyarakat masih harus melanjutkan upayanya. Rakyat patuh dan menjalankan kebijakan pemerintah. Pemerintah mendengarkan suara rakyat dan memenuhi harapan-harapannya," pesannya melalui video yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/9).

SBY mengingatkan, sebagai manusia dan bangsa yang beriman, pemerintah dan masyarakat harus yakin bahwa badai akan berlalu.

"Insya Allah mari kita bergandengan tangan untuk mengatasi permasalahan dewasa ini menuju Indonesia yang makin baik dan makin maju di masa depan," ujarnya.

SBY juga menyinggung soal kemerdekaan Indonesia. Dia menyebut, seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah patut berterima kasih kepada Tuhan dan pendiri bangsa yang telah berjuang memerdekakan Indonesia dari penjajah.

Selain itu, masyarakat dan pemerintah harus bersama-sama menjaga kemerdekaan Indonesia, kerukunan, kedamaian, keadilan dan kesejahteraan.

"Untuk mencapai masa depan yang gemilang seperti itu, tidak ada jalan pintas dan tidak ada resep yang ajaib. Kita mesti memiliki visi dan pikiran cerdas serta mau bekerja keras tanpa lelah. Tak ada jalan yang lunak untuk mencapai cita-cita yang besar," kata SBY. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini