HUT Ke-21 BUMN, Daop 6 Gratiskan 3 Kereta Lokal

Kamis, 11 April 2019 16:20 Reporter : Arie Sunaryo
HUT Ke-21 BUMN, Daop 6 Gratiskan 3 Kereta Lokal Kereta Lokal di Yogyakarta. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-21 Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan tiket dengan tarif Rp 0,- alias gratis untuk KA Lokal/Komuter PSO (subsidi) dan Perintis. Kebijakan tersebut sekaligus untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kereta api.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budianto mengatakan masyarakat dapat menikmati perjalanan tanpa biaya pada hari Sabtu, 13 April 2019. Untuk Daop 6 Yogyakarta, ada 3 kereta yang digratiskan, baik di wilayah Yogyakarta maupun Kota Solo.

"Untuk Daop 6 ada 3 kereta api lokal bersubsidi yang kita gratiskan pada hari Sabtu besok. Yakni KA Prameks relasi Solo-Jogja, Jogja-Kutoarjo, Solo-Kutoarjo PP, KA Batara Kresna relasi Solo-Wonogiri dan sebaliknya, serta KA Kalijaga relasi Solo-Semarang PP," ujar Eko, Kamis (11/4).

Eko menjelaskan, masyarakat bisa mendapatkan tiket secara cuma-cuma di loket stasiun keberangkatan secara go-show (hari H). Setiap calon penumpang dapat membeli maksimal 1 tiket kecuali membawa anak usia di bawah sepuluh tahun dan lansia. Adapun kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api.

Untuk penumpang yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, mereka bisa mengambil bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal 3 (tiga) hari sejak kedatangan KA.

Eko berharap tarif Rp 0 atau gratis KA lokal pada HUT BUMN ke 21 ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

"Meskipun gratis kami tetap mengedepankan aspek keselamatan dan kenyamanan. Aturan yang terkait keselamatan tetap jadi prioritas kami. Kami mohon maaf jika nanti ada yang tidak bisa terangkut karena kapasitas angkut KA lokal di Daop 6 tetap dibatasi sesuai aturan demi keselamatan," tutur Eko. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini