Hujan lebat di lereng selatan Gunung Slamet, 5 sungai meluap

Senin, 16 Oktober 2017 09:38 Reporter : Abdul Aziz
Hujan lebat di lereng selatan Gunung Slamet, 5 sungai meluap Gunung Slamet. ©2013 Merdeka.com/Chandra

Merdeka.com - Hujan lebat di area lereng Gunung Slamet bagian selatan sebabkan lima sungai di Banyumas meluap pada Minggu (15/10) malam.

Jembatan-jembatan yang melintasi lima sungai yakni Sungai Prukut, Logawa, Pelus, Mengaji dan Banjaran sempat ditutup sementara pada pukul 21.00 WIB. Ditakutkan air terus meluap dan merusak jembatan.

Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Banyumas, Adi Candra menjelaskan akibat banjir jembatan di RW 5 Karanggondang, Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok rusak. Ada pula bagian belakang rumah yang hancur. Satu rumah dilaporkan ambrol bagian belakangnya di Bobosan di sekitar sungai Banjaran.

"Satu kamar kos yang berbatasan langsung dengan kali Pelus juga rusak karena terdorong arus air," kata Candra.

Banjir terjadi akibat hujan lebat yang terjadi di area lereng Gunung Slamet bagian selatan pada Minggu sore. Jembatan-jembatan yang melintasi lima sungai itu sempat ditutup. Namun, sekitar pukul 22.30 WIB, air mulai turun dan jembatan kembali dibuka. Candra menjelaskan bahwa saat ini timnya sedang menghimpun data penyebab banjir tersebut.

Menurut keterangan warga di sekitar jembatan Sungai Prukut, Desa Ledug, Kecamatan Kembaran, Banyumas, volume air mulai naik sekitar pukul 18.00 WIB.

"Airnya butek dan deras sekali. Ada yang hanyut seperti seng, bambu, dan kayu. Tinggi Air sekitar 5 meter," kata Suratman (30), warga desa Ledug. [rzk]

Topik berita Terkait:
  1. Gunung Slamet
  2. Banjir
  3. Banyumas
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini