Hujan Deras Picu Jembatan Ambruk dan Longsor di Tasikmalaya

Rabu, 24 November 2021 10:06 Reporter : Mochammad Iqbal
Hujan Deras Picu Jembatan Ambruk dan Longsor di Tasikmalaya Ilustrasi jembatan ambruk. ©2012 Merdeka.com/muhardiansyah

Merdeka.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Tasikmalaya menyebabkan sebuah jembatan penghubung di Desa Karyamandala, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat ambruk pada Selasa (23/11). Tidak hanya jembatan yang ambruk, jalan di kawasan itu sempat tertutup material longsor.

"Intensitas hujan tinggi di berbagai wilayah di Tasikmalaya telah menyebabkan banyaknya berbagai bencana seperti longsor, banjir dan pergerakan tanah. Di Kecamatan Salopa, ada dua lokasi terjadi bencana, antara lain jembatan ambruk dan jalan desa tertutup material longsor sepanjang 8 meter dan tebal tanah 1 meter," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Irwan, Rabu (24/11).

Jembatan yang ambruk selama ini menjadi sarana warga Dusun Cikembang 1, 2, dan Barengkok. Jembatan itu sama sekali belum bisa dilewati kendaraan.

Untuk bisa melewati jembatan yang ambruk itu, warga harus berjalan kaki sambil menunggu dibuatkan jembatan darurat. "Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah desa, terutama membuat jembatan darurat bagi akses warga," jelasnya.

Kepala Desa Karyamandala Asep Nia Kusumah menyebut, jembatan yang ambruk adalah Jembatan Cikembang 2. Jembatan itu adalah akses utama menuju pusat desa dan kecamatan.

"Kami berharap pemerintah daerah bisa secepatnya memperbaiki jembatan kembali agar perekonomian warga berjalan normal dan jalan itu juga merupakan jalur utama di desa tersebut," harapnya.

Baca juga:
Banjir Rusak Jembatan di Dolok Merawan Serdang Bedagai
CEK FAKTA: Hoaks Video Jembatan Tumbang Nusa Palangka Raya Amblas
Jembatan Poringan Ambruk, Jalur Penghubung Luwu-Palopo Terputus
Jembatan Putus Diperbaiki, Ratusan Keluarga di Garut Tak Lagi Terisolasi
TNI-Polri & Masyarakat Tuntaskan Perbaikan Jembatan Sahayu yang Dirusak OTK
Hati-hati Melintas, Jembatan Cipamingkis Bekasi Kembali Amblas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini