Hotel dan Restoran Tak Punya Alat Keamanan Kebakaran Siap-siap Kena Sanksi

Kamis, 7 Februari 2019 12:31 Reporter : Irwanto
Hotel dan Restoran Tak Punya Alat Keamanan Kebakaran Siap-siap Kena Sanksi Ilustrasi hotel. ©2012 Shutterstock/pjcross

Merdeka.com - Banyak hotel dan restoran di Palembang tidak memiliki alat keamanan kebakaran. Pengusaha terancam mendapat pidana penjara jika tetap mengabaikannya.

Kepala Dinas Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (DPB-PK) Kota Palembang, Decky Lengardi, mengungkapkan temuan tersebut berdasarkan inspeksi mendadak terhadap dua jenis usaha itu beberapa waktu lalu. Kebanyakan tak memiliki alat keamanan kebakaran seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan hydrant. Jika pun ada justru tidak berfungsi.

"Dari temuan kami banyak hotel dan restoran yang tidak punya alat keamanan kebakaran standar. Mereka lalai dengan pentingnya perlengkapan itu," ungkap Decky, Kamis (7/2).

Ironisnya, kata dia, hotel berbintang juga tidak menyediakan alat tersebut. Padahal, keselamatan pengunjung mesti diprioritaskan karena alat itu menjadi tindakan pertama saat terjadi kebakaran.

"Banyak hotel berbintang juga. Walaupun ada, tidak berfungsi karena sudah beku atau tidak standar. Mestinya rutin dirawat, bukan barang sepele," ujarnya.

Dia menjelaskan, sesuai standar keamanan kebakaran wajib memiliki hydrant bagi bangunan yang memiliki tinggi minimal empat lantai dengan luar 1.000 meter. Kurang dari spesifikasi itu dapat menggunakan APAR dan juga dilengkapi elektrik pump, jockey pump dan diesel pump.

Pihaknya masih memberikan waktu bagi pengelola untuk memenuhinya. Jika tetap melanggar, bakal dikenakan sanksi sesuai Peraturan Daerah (Perda) Palembang Nomor 31 Tahun 2011 dengan ancaman kurungan tiga bulan dan denda Rp 50 juta.

"Kami sudah ada tim khusus, mereka setiap hari monitor di lapangan. Sanksi tegas akan kami berikan jika masih melanggar," jelasnya. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Hotel
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini