Hormati Jasa Mohammad Natsir, MUI Bakal Usulkan 3 April Jadi Hari NKRI

Senin, 1 April 2019 15:18 Reporter : Merdeka
Hormati Jasa Mohammad Natsir, MUI Bakal Usulkan 3 April Jadi Hari NKRI Mohammad Natsir. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) berniat mengusulkan tiap 3 April dijadikan peringatan hari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan atas Mosi Integral Mohammad Natsir yang disahkan pada 3 April 1950.

"Nanti akan dibentuk tim panel khusus terdiri dari pakar-pakar berkaitan dengan Indonesia baik itu dari ormas dan pakar-pakar sejarah lainnya untuk melengkapi dan menyiapkan proposal yang akan diserahkan kepada pemerintah Indonesia," kata Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Muhyiddin Junaidi, dalam sarasehan bertemakan 'Peran Umat Islam Mempelopori, Mendirikan Mengawal dan Membela NKRI' di Gedung MUI, Jakarta Senin (1/4).

Menurut Muhyiddin sosok Mohammad Natsir adalah seorang ulama sekaligus politikus yang multitalenta. Natsir juga dinilai sebagai seorang pemimpin yang baik.

Senada, cendekiawan muslim Jimly Asshiddique menambahkan, Mosi Integral Mohammad Natsir ini merupakan keputusan parlemen mengenai hasil keputusan parlemen, terkait bersatunya kembali sistem pemerintahan Indonesia menjadi kesatuan yang digagas Natsir.

"Intinya ketentuan mengenai NKRI itu memuat kandungan ideologi, bukan pasal biasa. Ini semua merupakan peranan jasa Pak Mohammad Natsir," jelas Jimly.

Karenanya, menurut Jimly, 3 April adalah tepat diperingati sebagai Hari NKRI. Dampaknya, menjadi pengingat peristiwa sejarah bahwa komitmen menjaga NKRI dan Pancasila sudah final.

"Jadi jangan ada lagi kita saling kucil mengucilkan. Semua kita adalah bangsa yang sudah sepakat dengan Pancasila. Bahwa ada nanti ada orang yang belum paham (Pancasila), ini objek dakwah, objek pendidikan, jangan dimusuhi," kata Jimly.

Reporter: Muhammad Radityo [dan]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Mohammad Natsir
  3. MUI
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini