HIV/AIDS tewaskan dua ibu hamil di Bali

Selasa, 12 November 2013 01:38 Reporter : Wayan Anantara
HIV/AIDS tewaskan dua ibu hamil di Bali Ilustrasi HIV. ©Shutterstock.com/OtnaYdur

Merdeka.com - Kasus HIV/AIDS menewaskan dua ibu hamil saat melahirkan di Tabanan, Bali. Kini kedua bayi yang dilahirkan mendapat penanganan intensif.

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan Nyoman Suratmika mengatakan, penyakit yang menjangkiti kedua ibu hamil itu sudah akut dan baru diketahui ketika akan melahirkan.

"Saat persalinan, keduanya tak bisa diselamatkan," katanya, Senin (11/11).

Kasus itu, kata Suratmika, menjadi perhatian serius karena berkaitan dengan nasib bayi yang dilahirkan. Selain itu, kasus itu juga menjadi pengalaman agar tidak terulang lagi di masa mendatang.

Suratmika mengaku telah memerintahkan seluruh bidan desa membuat konseling HIV/AIDS bagi ibu hamil. "Jangan sampai muncul korban lagi karena terlambat," ujarnya.

Seluruh rumah sakit dan Puskesmas juga diminta memberlakukan tes HIV/AIDS bagi para ibu hamil. "Jika hasilnya positif HIV/AIDS, yang bersangkutan harus menjalani terapi ARV atau anti-virus. Sehingga, bayinya tak tertular,'' jelas Suratmika.

Dengan langkah ini, penanganan ibu hamil yang terjangkit HIV/AIDS bisa dilakukan dengan cepat. "Yang terpenting, penderita HIV/AIDS tidak perlu dikucilkan. Sebab, mereka masih bisa hidup normal, bahkan bisa hamil dan melahirkan," tandas Suratmika. [ren]

Baca juga:
Pemprov DKI ajak guru kampanyekan bahaya AIDS

Ahok ajak PNS di Balai Kota ikuti tes HIV

Ahok anjurkan ibu hamil ikut tes HIV

Jumlah penderita AIDS di DKI pada 2013 capai 6.973 orang

Ahok: Ikuti tes HIV, hasil saya negatif

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Hiv/aids
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini