Hierarki di Komite Penanganan Covid-19 Dikhawatirkan Hambat Kerja Satuan Tugas

Sabtu, 1 Agustus 2020 16:37 Reporter : Ahda Bayhaqi
Hierarki di Komite Penanganan Covid-19 Dikhawatirkan Hambat Kerja Satuan Tugas Kepala BNPB Doni Monardo di Rapat komisi VIII. ©2020 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Ketua Terpilih Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Dedi Supratman mengatakan, Komite Penanganan Covid-19 memiliki hirarki. Ada pembagian peran antara komite kebijakan dengan satuan tugas yang diketuai Kepala BNPB Doni Monardo.

Komite menyusun rekomendasi kepada presiden, sementara Satgas mengimplementasikan kebijakan. Dedi khawatir hirarki pembagian tugas ini akan menghambat kinerja satgas yang dipimpin Doni.

"Artinya ya mau enggak mau kita akui satgas juga sama seperti dipimpin pak Doni, tapi ada semacam hirarki seperti itu dan saya khawatirkan akan menghambat kinerja pak Doni." ujarnya dalam diskusi daring, Sabtu (1/8).

Dedi mengatakan, kerja satgas dengan Kementerian Kesehatan juga berpotensi untuk saling bertabrakan. "Misalnya data dan informasi ini sudah mulai Kemenkes yang selama ini menyajikan data sebenarnya kemudian dikelola gugus tugas," ujarnya.

"Poinnya dalam masa transisi ini kami melihat, satgas perlu mengidentifikasi tugas-tugas yang belum dikerjakan saja, jangan sampai di Kemenkes sudah ada ngapain lagi," lanjut Dedi.

Dedi menuturkan, satgas ini seharusnya memperkuat dan identifikasi pekerjaan yang belum dilakukan Kemenkes. Misalnya untuk melakukan testing hingga melakukan koordinasi terhadap data masing-masing lembaga.

"Tidak semua alat dimiliki Kemenkes, ada yang dimiliki perguruan tinggi swasta nah di wilayah itu silahkan satgas berperan," jelasnya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini