Hingga H+4, Penumpang Arus Balik Turun di Kampung Rambutan Tembus 120.443 Orang

Senin, 10 Juni 2019 13:07 Reporter : Merdeka
Hingga H+4, Penumpang Arus Balik Turun di Kampung Rambutan Tembus 120.443 Orang Arus balik di Terminal Kampung Rambutan. ©2016 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Jumlah pemudik yang tiba di Terminal Kampung Rambutan terus meningkat. Tercatat sejak H+1 hingga H+4 lebaran jumlah penumpang tembus di angka 120.443 orang.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Kampung Rambutan, Thofik Winanto mengatakan, pemudik sudah berangsur-angsur balik ke DKI Jakarta.

Dia pun merinci jumlah penumpang pada H+1 sebanyak 6.166 penumpang. Kemudian, H+2 sebanyak 4.116 penumpang. H+3 sebanyak 4.209 penumpang. Sementara H+4 terhitung dari pukul 00.00 WIB sampai 08.00 WIB penumpang yang turun di Terminal Kampung Rambutan mencapai 4.575 penumpang.

"Kami melihatnya mengalami kenaikan tapi tidak langsung signifikan," ucap Thofik ketika ditemui di Kampung Rambutan, Senin (10/6).

Dia menjelaskan, pemudik yang datang ke Jakarta didominasi dari Jawa Barat. Disusul kemudian Jawa Tengah. Terakhir Banten dan Sumatera.

"Dari Jawa Barat seperti Garut, Tasikmalaya, Singaparna. Sementara, Jawa tengah seperti Penumpang dan Purwokerto," ucap dia.

Namun demikian, Thofik mengatakan, arus balik penumpang di Terminal Kampung Rambutan sampai saat ini belum sampai puncaknya. Ia memprediksi puncak arus balik terjadi pada pertengahan atau akhir bulan juni nanti. Penyebabnya, karena masih ada penumpang yang masih mendapatkan libur atau memanfaatkan jatah cuti tahunan

"Saya pernah komunikasi dengan penumpang. Mereka sebut ada beberapa yang masih liburan di daerah. Jadi prediksi kami puncak arus balik 2 atau 3 hari sebelum masuk nanti sekolah," ungkap dia.

Reporter: Ady Anugrahadi [rhm]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini