Hindari ganjil genap selama Asian Games, Google Maps sediakan rute alternatif

Kamis, 12 Juli 2018 15:12 Reporter : Merdeka
Hindari ganjil genap selama Asian Games, Google Maps sediakan rute alternatif Perluasan Ganjil Genap di Jakarta. ©Bola.com

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bekerjasama dengan Google Maps terkait perluasan penerapan kebijakan ganjil genap saat penyelenggaraan Asian Games 2018.

Kepala BPTJ, Bambang Prihartono menyatakan Google Maps melakukan pembaharuan aplikasi dan disesuaikan dengan rekayasa lalu lintas yang telah ditetapkan. Dengan pembaharuan itu, dia mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkan update apalagi Google Maps sebagai panduan mengenai rute yang harus dilalui tanpa melanggar kebijakan.

"Pengguna juga mendapatkan informasi mengenai perkiraan waktu tempuh yang dibutuhkan melalui rute tersebut," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (12/7).

Tak hanya itu, dia juga menyebut pengguna aplikasi juga memiliki keputusan untuk menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Sehingga masyarakat dapat lebih cepat mengenal perluasan ganjil genap dengan cepat dan praktis.

Lanjut dia, semula kebijakan ganjil genap diterapkan hanya di tiga ruas jalan arteri pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB setiap Senin-Jumat. Selanjutnya dengan adanya perluasan maka kebijakan tersebut diterapkan di 10 ruas jalan arteri mulai pukul 06.00-21.00 WIB untuk setiap hari.

"Pada prinsipnya pemerintah berusaha melayani sebaik-baiknya. Termasuk di antaranya bagaimana mendorong perusahaan seperti Google ini untuk juga beradaptasi," jelas Bambang.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini