Hilang di Musdalifah, Taspirin Diduga Lupa Pakai Gelang Jemaah Haji Usai Wudu

Jumat, 30 Agustus 2019 11:36 Reporter : Irwanto
Hilang di Musdalifah, Taspirin Diduga Lupa Pakai Gelang Jemaah Haji Usai Wudu Jemaah haji asal Palembang hilang di Musdalifah. ©2019 Merdeka.com/Irwanto

Merdeka.com - Sejak dua minggu lalu, Taspirin Wajat Ratam bin Wajat (81), jemaah haji asal Debarkasi Palembang belum juga ditemukan. Posisinya sulit terlacak oleh petugas di Tanah Suci.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Palembang Saefudin Latief mengatakan, dugaan tersebut muncul berdasarkan keterangan beberapa jemaah yang pernah satu kamar atau pergi bersama Taspirin. Dia disebut kerap melepas gelang setiap wudhu.

"Dugaan kami karena lupa pakai gelang, kebiasaan bapak itu ketika wudhu melepas gelang," ungkap Saefudin, Jumat (30/8).

Menurut dia, gelang tersebut sangat penting kegunaannya. Sebab, di situ tercantum identitas jemaah, asal, dan tempat menginap. Ketika telantar, yang bersangkutan dengan mudah ditemukan jemaah lain atau petugas haji.

"Gelang itu ciri atau tanda jemaah, jika tak dipakai atau hilang menyulitkan pencarian, apalagi Taspirin sudah lansia," ujarnya.

Saefudin menambahkan, kasus hilangnya jemaah hingga sulit ditemukan saat menunaikan ibadah haji baru kali pertama terjadi di Embarkasi Palembang. Keluarga diimbau bersabar karena proses pencarian masih berlangsung oleh petugas di Arab Saudi.

"Kami optimalkan pencarian, semua pihak terlibat, Kemenag hadir," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Taspirin Wajat Ratam bin Wajat (81) sejak dua minggu lalu hilang saat menunaikan ibadah haji. Hingga rombongannya dari Kloter 11 kembali ke Tanah Air, Taspirin belum diketahui keberadaannya.

Taspirin terpisah dari rombongan saat berada di Musdalifah. Ketika itu, Taspirin mengajak istrinya, Sutriah, untuk mengambil wudhu. Lantaran bus rombongan cukup dekat dengan tempat wudhu, Sutriah memilih meninggalkannya. Ditunggu-tunggu cukup lama, Taspirin tak kunjung kembali ke bus. Setelah lama dicari tak membuahkan hasil, rombongan melanjutkan perjalanan ke Mina.

Taspirin berasal dari Talang Jambe, Palembang. Dia masuk Kloter 11 yang sudah kembali ke Palembang dua hari lalu. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Haji 2019
  2. Orang Hilang
  3. Palembang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini