Hasto Bakar Rumah Karena Warisan, Ipar dan Keponakan Tewas Terpanggang

Selasa, 4 Desember 2018 05:29 Reporter : Saud Rosadi
Hasto Bakar Rumah Karena Warisan, Ipar dan Keponakan Tewas Terpanggang Ilustrasi Mayat. ©2015 Merdeka.com/Angeline Agustine

Merdeka.com - Hasto Purnomo alias Ipung (45), mendekam di sel Polres Balikpapan. Dia jadi tersangka pembakaran rumah di Jalan Prapatan Dalam, Telagasari, Balikpapan, hingga menewaskan iparnya, Gotri (64) dan keponakannya, Tono (15). Gara-garanya, berebut harta warisan dengan sang kakak, Sumarji (67).

"Sakit hati iya, kemudian juga ya rebutan harta warisan," kata Kasat Reskrim Polres Balikpapan, AKP Makhfud Hidayat, dikonfirmasi merdeka.com, Senin (3/12) malam.

Ipung sendiri, diketahui tinggal di rumah Sumarji. Dia merasa juga punya hak atas rumah itu, bukan tanpa alasan. "Rumah itu warisan dari Bapaknya (Ipung dan Sumarji). Dia (Ipung) menduga, iparnya ingin menguasai rumah itu," ujar Makhfud.

Ipung terus menyimpan amarah. Apalagi, dia bermaksud ingin meminjam barang, tapi tidak dikabulkan. "Sebelum kejadian, pelaku pinjam motor, tapi tidak dikasih oleh korban (Gotri)," sebut Makhfud.

Menurut Makhfud, penyidik terus mendalami keterangan Ipung, terkait dugaan dia sengaja membunuh iparnya. "Pelaku ini bukan mau membakar korban, tapi rumah yang dibakar, kemudian ada korban jiwa. Jadi kita terapkan pasal 187 ayat 3 KUHP," ungkap Makhfud.

Polisi juga kembali menepis kabar Ipung mengalami gangguan jiwa. "Yang bersangkutan sejauh ini sehat. Selama pemeriksaan normal, tidak ada masalah. Nanti, yang menentukan kepastian dia sehat, ada saksi ahli. Yang jelas sekarang tersangka kita tahan," tutup Makhfud.

Diketahui, 2 warga tewas terpanggang, saat kebakaran menghanguskan 2 rumah di kawasan Jalan Prapatan Dalam Balikpapan, Kalimantan Timur, pukul 03.30 Wita dini hari tadi. Penyebabnya, diduga rumah dibakar saudara dari korban sendiri. Jasad kedua korban, Gotri dan Tono yang tak lain ibu dan anak, ditemukan hangus di ruang tamu. [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. Kebakaran
  2. Pembunuhan
  3. Samarinda
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini