Hasil Tes PCR di Bandara Soetta Bisa Keluar 3 Jam, Ini Syaratnya

Senin, 25 Oktober 2021 19:03 Reporter : Kirom
Hasil Tes PCR di Bandara Soetta Bisa Keluar 3 Jam, Ini Syaratnya Bandara Soekarno-Hatta. ©2021 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Hasil tes real time polymerase chain reaction (RT-PCR) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), kini dapat diketahui dalam 3 jam setelah pengambilan sampel. Namun, tidak semua calon penumpang dapat menikmati layanan ini.

Manajer Area Farmalab Bandara Soetta Yufaiza menjelaskan, layanan pemeriksaan sampel terbaru ini lebih cepat daripada layanan sebelumnya, yakni 1x24 jam. Namun, layanan baru ini hanya untuk calon penumpang dengan kriteria tertentu, salah satunya dengan keperluan mendesak.

"Layanan baru untuk PCR di AHC Bandara Soetta, dengan hasil 3 jam sejak pengambilan sampel khusus bagi penumpang yang telah memiliki tiket penerbangan di hari yang sama," kata Yufaiza, Senin (25/10).

Dia menyebutkan, layanan dengan hasil setelah 3 jam ini untuk pemeriksaan di area drive thru. Persyaratannya, calon penumpang wajib mempunyai tiket terbang pada hari yang sama di atas 6 jam.

Tarif layanan tes PCR dengan hasil 3 jam ini tidak berbeda dengan pemeriksaan reguler atau dengan hasil 1x24 jam. "Harganya sama seperti yang reguler untuk yang hasil 3 jam ini Rp495 ribu," kata Yufaiza.

Dia juga mengimbau agar para calon penumpang yang memiliki tiket penerbangan di hari yang sama dengan keperluan mendesak, agar datang minimal 6 jam sebelum waktu keberangkatan.

"Untuk penumpang yang PCR di Bandara (Soetta) sebaiknya datang 6 jam sebelum terbang," ucap dia.

Sebagai informasi, mulai 24 Oktober 2021, penumpang pesawat diwajibkan membawa hasil negatif RT-PCR yang sampelnya diambil maksimal 2x24 jam serta surat vaksin Covid-19 minimal dosis pertama. Hal itu sesuai Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 88/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19. [yan]

Baca juga:
Sandiaga Uno: Kewajiban Tes PCR saat Terbang Sebagai Upaya Persiapan G-20 di Bali
Sandiaga Uno: Syarat PCR Naik Pesawat untuk Antisipasi Libur Natal dan Tahun Baru
Pemerintah Berencana Wajib PCR untuk Moda Transportasi Selain Pesawat
Menko Luhut Jawab Kritikan Soal Penumpang Pesawat Wajib Tes PCR
Luhut Sebut PCR Jadi Syarat Naik Pesawat karena Mobilitas Penduduk Meningkat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini