Hari Veteran, pejuang kemerdekaan RI mengenang perang lawan Belanda

Selasa, 11 Agustus 2015 10:56 Reporter : Faiq Hidayat
Hari Veteran, pejuang kemerdekaan RI mengenang perang lawan Belanda Hari Veteran Nasional. ©2015 merdeka.com/faiq hidayat

Merdeka.com - Para pejuang kemerdekaan merayakan peringatan Hari Veteran Nasional di Jakarta Convention Center, Jakarta Selatan, hari ini. Wakil Ketua Umum Legiun Veteran RI Arie Sudewo mengatakan, mereka hari ini merayakan momen bersejarah yang merupakan pertempuran terakhir melawan Belanda di Solo pada tahun 1949 lalu.

"Pada tanggal 10 Agustus 1949 pukul 00.00 Wib, Presiden Soekarno waktu itu menetapkan Hari Veteran. Jadi kita memperingati hari ini untuk mengenang," kata Arie Sudewo di sela-sela acara peringatan Hari Veteran Nasional di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (11/8).

Peringatan Hari Veteran, menurut Arie, untuk mengenang pejuang yang gugur dalam peperangan melawan penjajah Belanda. Sehingga perjuangan dari para pejuang yang telah gugur diharapkan dilanjutkan oleh generasi baru.

"Harapannya nilai-nilai perjuangan terus ditingkatkan dan diwariskan untuk membangun kesejahteraan," kata dia.

Lebih jauh, dia mengharapkan pemerintah menanamkan nilai-nilai jiwa nasionalis dari pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) hingga mahasiswa sebagai bentuk karakter bangsa. Jika bangsa tidak menghargai pahlawannya, maka Indonesia tidak punya karakter.

"Maka itu hargailah jasa pahlawan untuk membentuk karakter bangsa memperjuangkan kesejahteraan," tukas dia. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini