Hari Pahlawan, Jokowi-Ma'ruf Tabur Bunga di Makam Habibie Hingga Taufiq Kiemas

Selasa, 10 November 2020 10:31 Reporter : Merdeka
Hari Pahlawan, Jokowi-Ma'ruf Tabur Bunga di Makam Habibie Hingga Taufiq Kiemas Jokowi-Maruf peringati Hari Pahlawan di TMP Kalibata. ©Youtube Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Setelah menjadi Inspektur Upacara Ziarah Nasional, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan tabur bunga di makam sejumlah pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan, Selasa, (10/11). Dia didampingi Wapres Ma'ruf Amin.

Berdasarkan pantauan di Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi dan Ma'ruf melakukan tabur bunga di empat makam pahlawan. Salah satunya, makam Presiden ke-3 RI, BJ Habibie.

Selain makam Habibie, Jokowi-Ma'ruf juga menabur bunga di makam Ketua MPR RI periode 2009-2014 Taufiq Kiemas yang merupakan suami dari Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Kemudian, makam istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono hingga makam Wapres ke-4 RI Umar Wirahadikusuma.

"1 orang lagi dari Pahlawan dengan pangkat terendah," kata Menteri Sosial Juliari Batubara yang ikut mendampingi Jokowi saat dikonfirmasi, Selasa (10/11).

Jokowi dan Ma'ruf tampak memanjatkan doa untuk arwah para pahlawan yang berjasa bagi bangsa dan negara. Keduanya didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Sosial Juliari Batubara, Menteri Agama Fachrul Razi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Sebelumnya, Jokowi mengajak masyarakat Indonesia untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur. Dia mengingatkan masyarakat untuk meneruskan perjuangan para pahlawan.

"Perjuangan kita kini adalah memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19 yang sudah delapan bulan mendera negeri ini," ujar Jokowi dikutip dari akun instagramnya @jokowi, Selasa (10/11/2020).

Dia menekankan bahwa bangsa Indonesia masih berdiri tegak hingga kini karena jasa-jasa para pahlawan. Untuk itu, jasa-jasa para pahlawan tak boleh terlupakan.

"Bangsa ini masih tegak berdiri dan maju berlayar mengarungi zaman karena perjuangan para pahlawan. Mereka hadir di setiap masa dan menyambut setiap tantangan," jelas Jokowi.

Reporter: Lisza Egeham
Sumber: Liputan6.com [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini