Hari ketiga kebakaran kapal di Benoa, masih terlihat kepulan asap

Rabu, 11 Juli 2018 11:18 Reporter : Moh. Kadafi
Hari ketiga kebakaran kapal di Benoa, masih terlihat kepulan asap Kapal ikan di Benoa yang terbakar. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Kebakaran kapal ikan di dermaga barat Pelabun Benoa Denpasar Selatan siang ini, terlihat padam. Kendati, semalam api berkobar dengan besar di beberapa kapal ikan tersebut.

Di hari ketiga pada Rabu (11/7) siang, pukul 11.52 Wita. Sejak terjadinya kebakaran hebat pada Senin (9/7) lalu, terpantau di lapangan hanya terlihat kepulan asap kecil di beberapa kapal ikan tersebut. Selain itu, angin siang ini, masih tidak bertiup keras seperti terjadi pada malam kemarin.

Kondisi angin yang tidak berhembus kencang dimanfaatkan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pelindo untuk terus menyemprot sisa api di beberapa kapal ikan yang akan menjadi pemicu kebakaran lagi. Selain itu, di tengah laut terlihat satu unit kapal kecil terus berjibaku menyemprot sisa-sisa api di kapal yang brjarak jauh dari dermaga Pelabuhan Benoa Bali.

Saat ini, terpantau di lapangan masih satu unit mobil Damkar milik Pelindo dan satu unit kapal milik perusahaan yang terus melakukan pemadaman. Namun, belum bisa dipastikan kapal ikan tersebut padam seluruhnya.

Sementara itu, polisi masih terus melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran.

"Kapal masih dalam proses investigasi, untuk laboratorium foresik sementara masih kita lakukan.Nantinya, kita akan menyampaikan hasilnya. Karena kita sekarang masih belum bisa menentukan sebelum hasil Labfor dilaporkan ke saya," kata Kapolda Bali Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Golose, di Denpasar.

Terkait pemeriksaan 14 saksi dari Nankoda maupun Anak Buah Kapal (ABK) KM Cilcap Jaya Karya. Kapolda menerangkan, bahwa pemeriksaan saksi adalah salah satu alat bukti. Namun, harus didukung dengan keterangan ahli.

"Sehingga minimal dalam menentukan suatu kasus itu, sesuai dengan hukum acara pidana, dan minimal dua alat bukti yang sah," imbuhnya.

Kapolda Bali, juga menjelaskan dalam proses penyelidikan dan penyidikan ini, akan kita bisa dilakukan sesudah lebih jelas dari keterangan ahli. Karena, keterangan ahli itu dikeluarkan dalam surat oleh laboratorium foresik.

"Laboratorium forensik bersadasarkan pemeriksaan yang signifikan kepada tempat kejadian perkara.

Sampai sekarang, dan kita lihat tadi malam masih ada sedikit api (kapal), kita masih dalam proses. Saya rasa itu yang perlu kita sampaikan," tutupnya. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini