Hari Ini, Presiden Jokowi Lantik Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK

Jumat, 20 Desember 2019 07:59 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Hari Ini, Presiden Jokowi Lantik Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK Pimpinan KPK Terpilih Periode 2019-2023 Disahkan DPR. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo akan melantik lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan lima anggota Dewan Pengawas (Dewas) periode 2019-2024. Mereka akan dilantik di Istana Negara, hari ini Jumat (20/12).

"Jumat, Jumat, kamis nanti sudah tahu, difinalisasi (pelantikan)," kata Jokowi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12) lalu.

Diketahui lima pimpinan KPK yang akan dilantik yaitu Irjen Firli Bahuri (mantan Kabarhkam Polri), Nawawi Pomolango (hakim di Pengadilan Tinggi Denpasar, Bali), Lili Pintauli Siregar (Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban/LPSK) periode 2013-2018), Nurul Ghufron (Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember), Alexander Marwata (komisioner KPK petahana sekaligus mantan hakim tindak pidana korupsi).

Sementara lima dewan pengawas hingga saat ini belum diketahui nama yang pasti. Jokowi sebelumnya menyebutkan beberapa nama yang jadi kandidat dewan pengawas. Beberapa nama yang disebut adalah mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, hakim Albertina Ho, dan mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar.

"Dewan Pengawas KPK ya nama-nama sudah masuk tapi belum difinalkan karena kan hanya 5, ada dari hakim, ada dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana," kata Presiden Jokowi dalam diskusi dengan wartawan di Balikpapan, Rabu (18/12) seperti dikutip Antara.

"Ada hakim Albertina Ho, itu tapi belum diputuskan loh ya, Pak Artidjo, saya ingat tapi lupa, dan belum diputuskan," tambah Presiden sambil menambahkan nama Ketua KPK jilid 1 Taufiequrachman Ruki juga diusulkan sebagai calon anggota Dewan Pengawas. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini