Hari ini, Ketua PN Pangkalanbun diseret ke MKH

Rabu, 6 Maret 2013 10:20 Reporter : Baiquni
Hari ini, Ketua PN Pangkalanbun diseret ke MKH palu. shutterstock

Merdeka.com - Komisi Yudisial (KY) dan Mahkamah Agung (MA) akan menggelar sidang Majelis Kehormatan Hakim (MKH) atas dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim yang dilakukan seorang hakim dengan inisial 'N'. Hakim yang juga merupakan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah ini diduga meminta sejumlah uang kepada seorang pengacara.

"Jadwal MKH untuk hakim N digelar nanti pukul 11.00 WIB," ujar juru bicara KY Asep Rahmat Fajar saat dihubungi di Jakarta, Rabu (6/3).

Asep menjelaskan, terjadi perubahan jadwal dari yang sebelumnya digelar pukul 09.30 WIB. Menurut dia, perubahan jadwal ini disebabkan MA masih memiliki agenda internal saat pagi hari.

"MA meminta ditunda karena masih ada rapat," terang Asep.

Selain itu, kata Asep, majelis hakim untuk MKH ini telah terbentuk dengan komposisi empat orang komisioner KY dan tiga orang hakim agung di lingkungan MA. Empat komisioner tersebut yakni Ketua KY Eman Suparman yang juga akan bertindak selaku Ketua Majelis.

Anggota dalam majelis ini adalah Komisioner bidang Hubungan Antar Lembaga KY Ibrahim, Komisioner bidang Litbang dan Sumber Daya Manusia (SDM) Jaja Ahmad Jayus, serta Komisioner bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Suparman Marzuki. Sedangkan anggota dari MA yaitu Hakim Agung Komariah E Sapardjaja, Gayus Lumbuun dan Suhadi.

Lebih lanjut, Asep memastikan hakim yang bersangkutan akan hadir. Sebab, KY dan MA belum menerima informasi yang menyebutkan hakim N tidak dapat hadir.

Jikapun tidak hadir, tegas Asep, KY dan MA akan menjalankan prosedur pemanggilan sebanyak dua kali.

"Kalau pemanggilan kedua juga tidak hadir, maka sidang MKH akan terus digelar dengan hakim terperiksa dianggap tidak menggunakan haknya untuk membela diri," pungkas dia. [ren]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Komisi Yudisial
  3. Mahkamah Agung
  4. Hakim
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini