Hari Ini, Kapolri dan Panglima TNI Berkantor di Papua dan Papua Barat

Senin, 2 September 2019 11:36 Reporter : Nur Habibie
Hari Ini, Kapolri dan Panglima TNI Berkantor di Papua dan Papua Barat Panglima TNI-Kapolri di Papua. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan terbang ke Papua dan Papua Barat. Mereka akan melakukan dialog dengan tokoh masyarakat Papua dan Papua Barat.

"Tujuannya untuk menjamin keamanan agar situasi dan kondisi kembali kondusif walaupun saat ini relatif kondusif. Jadi semua masyarakat Papua maupun Papua Barat dapat beraktifitas seperti sedia kala dan juga melakukan kepastian pelaksanaan penegakan hukum di situ," kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal, Jakarta, Senin (2/9).

Rencananya, Kapolri bersama dengan Panglima TNI akan berkantor atau bermarkas di Papua dan Papua Barat hingga kondisi dianggap sudah stabil dan aman.

"InsyaAllah 4-10 hari di situ segitu, tergantung situasi dan kondisi Papua dan seluruh wilayah Indonesia, karena tanggungjawab Kapolri dan Panglima TNI," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan, untuk kondisi di Papua dan Papua Barat sudah mulai kondusif, stabil dan aman. Hal itu karena, pihaknya telah menerjunkan ribuan personel gabungan TNI-Polri.

"Jadi sekali lagi kondisi di Papua sekarang sudah relatif jauh lebih stabil, lebih aman, dan saya sudah menggelar bersama Panglima sudah menggelar kekuatan tambahan hampir lebih kurang 6.000 untuk Papua dan Papua Barat," tegas Tito.

"Kalau kurang akan saya tambah lagi, saya dengan pak panglima sudah komitmen, kurang akan tambah lagi sampai situasi aman dan kita akan berangkat ke sana untuk jaga keamanan," sambungnya.

Ia bersama dengan panglima berada di Papua dan Papua Barat selama satu minggu. Karena, dirinya ingin memastikan kalau kondisi di sana sudah mulai membaik.

"Saya akan paling tidak mungkin 4-5, hari seminggu akan ada di situ, sampai situasi benar-benar aman. Kalau tidak, kurang saya akan menambahkan pasukan dan kalau ada yang melakukan kerusuhan kita akan tegakkan hukum pada mereka," pungkasnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini