Hari-hari istri Santoso selama diburu Satgas Tinombala

Selasa, 26 Juli 2016 05:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Hari-hari istri Santoso selama diburu Satgas Tinombala Umi Delima istri Santoso. ©2016 istimewa

Merdeka.com - Usai Santoso tewas ditembak Satgas Tinombala Senin (18/7) lalu, Jumiatun alias Umi Delima tak lain istri Santoso menyerahkan diri, Sabtu (23/7). Rupanya Delima tak tahan dengan kondisi yang semakin sulit pascaditinggal Santoso.

Dia memutuskan untuk menyerahkan diri setelah beberapa hari dalam buruan Satgas Tinombala. Selama pengejaran petugas, istri kedua gembong teroris ini tak beranjak jauh dari hutan Pesisir Utara, Poso.

Setelah beberapa hari dalam pelarian, Delima akhirnya bertemu dengan petani. "Dia ditanya. Ibu siapa? Dia mengaku istrinya Santoso," kata Kapolda Sulawesi Tengah, Brigjen Pol Rudy Sufahriadi di Palu, Senin (25/7).

Pekerja kebun itu tidak bisa memastikan apakah Delima membawa senjata dan bom atau tidak. Namun menurut dia, Delima hanya membawa pisau.

Delima kemudian diantar oleh pekerja kebun itu kepada aparat di salah satu Pos Satgas Operasi Tinombala. Dalam perjalanan, mereka bertemu lagi dengan petani kebetulan membawa bekal. Karena dalam kondisi lapar, Delima akhirnya menyantap bekal petani itu.

"Jumiatun lepas dari rombongan. Dia menyapa petani, dia minta makan karena lapar," ujar Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah, AKBP Hari Suprapto.

Saat dalam buruan petugas, Delima juga pernah melahirkan di salah satu rumah sakit di Kota Palu. "Dia melahirkan di Palu dan diantar langsung Santoso," ungkap Rudy.

Bayi tersebut pun diajak dalam persembunyian kelompok bersenjata itu. Bahkan, beberapa waktu lalu foto bayi berusia 22 bulan pernah beredar di dunia maya. Pada foto tersebut terlihat bayi diletakkan di atas rumput-rumput serta di sampingnya terdapat senjata.

Namun bayi itu kini dirawat oleh kakak kandung Santoso. "Ada indikasi kala itu diantar ke Palu. Dirawat kakak kandung Santoso," kata Hari.

Kini Delima tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Palu. Menurut Hari, saat ini kondisinya sehat. "Secara umum kondisinya sehat," ucapnya.

Selain itu, polisi belum melakukan pemeriksaan untuk mengetahui sejauh mana peran Delima dalam kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT). [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini