Harga beras naik, Jokowi undang pedagang beras ke Istana

Selasa, 3 Maret 2015 14:11 Reporter : Putri Artika R
Harga beras naik, Jokowi undang pedagang beras ke Istana Jokowi hadiri Rapim Polri 2015. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo melakukan audiensi dengan sejumlah pedagang beras di DKI Jakarta dan Perpadi (Persatuan Perusahaan Penggilingan Padi). Audiensi ini menyusul adanya kenaikan harga beras dalam waktu belakangan ini.

"Siang ini saya mengundang pedagang-pedagang beras di Jakarta, terutama Cipinang, kita ingin agar masalah kenaikan beras ini segera diatasi," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/3).

Jokowi mengaku sudah mendengar dalam waktu seminggu-dua minggu ini akan ada posisi normal turun harga kurang lebih Rp 2.000-an. Menurutnya, harga tersebut merupakan komitmen pemerintah karena juga menjelang panen raya.

"Ini komitmen kita bersama dan ya keadaan normal kembali karena sudah masuk panen raya," ujarnya.

Bendahara Perpadi Nellys Soekidi diberi kesempatan pertama untuk melakukan audiensi dengan Presiden Jokowi. Saat ditanya oleh Jokowi mengapa harga beras naik, Nellys mengaku untuk supply demand harga beras tersebut meningkat.

"Karena supply demand aja. Kebetulan, kemarin Cipinang Rp 3.500, yang masuk cuman Rp 1.000 jadi otomatis naik," ujarnya.

Dia juga bersyukur Presiden Jokowi telah menginstruksikan untuk memberi berapapun untuk permintaan pedagang beras di Cipinang.

"Alhamdulillah presiden instruksikan untuk memberikan berapa pun permintaan untuk cipinang. Hari ini beras dari Demak Pati hari ini yang biasanya Rp 10.400, hari ini Rp 8.900 artinya turun Rp 1.500, itu beras medium," ujarnya.

Nellys mengatakan untuk beras dari Bulog tetap dijualnya seharga Rp 74 ribu, untuk yang super RP 11 ribu dan sekarang menjadi Rp 10 ribu.

"Jadi penurunan Rp 1.000-Rp 1.500," ujarnya.

Saat ditanya Jokowi apakah ada mafia pedagang beras, Nellys tidak ingin merespon hal tersebut.

"Sebetulnya saya tidak merespon itu," ujarnya.

Jokowi pun kemudian memastikan harga beras di semua pasar akan turun. "Turun dong. Kalo cipinang dah turun yang lain turun. Hanya saja kalau Cipinang turun sekarang di pasar 3-5 hari baru turun," pungkas Jokowi. [tyo]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini