Hamdan Zoelva: Kalau tersangka jadi Kapolri, apa kata dunia?

Rabu, 14 Januari 2015 12:54 Reporter : Sri Wiyanti
Hamdan Zoelva: Kalau tersangka jadi Kapolri, apa kata dunia? Hamdan Zoelva. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva mengatakan kelayakan Kalemdikpol Komjen Budi Gunawan untuk menjadi calon Kapolri erat dengan integritas sosok tersebut. Menurutnya, penetapan seseorang menjadi tersangka sangat berpengaruh terhadap integritasnya.

"Faktanya KPK menetapkan Pak Budi Gunawan sebagai tersangka. Apapun proses nanti selanjutnya walaupun diterapkan asas praduga tak bersalah, nilai-nilai moral integritas, artinya layak dan tidak layak itu yang berkaitan dengan integritas. Itu kan yang akan dilakukan oleh DPR. Kalau seseorang ada dalam keadaan tersangka, sangat mempengaruhi integritas," papar Hamdan di Gedung MK, Rabu (14/1).

Hamdan pun mempertanyakan proses seleksi calon Kapolri yang telah berstatus tersangka KPK. Hamdan yakin, apabila seorang tersangka KPK lolos menjadi Kapolri, yang akan mempertanyakan proses pemilihan sosok tersebut bukan hanya dirinya, melainkan seluruh dunia akan menoleh sistem hukum di Indonesia.

"Masa seorang Kapolri adalah tersangka. Dan seorang tersangka lolos sebagai Kapolri apa kata dunia? Apa lagi yang mau di fit and proper test," kata Hamdan.

Namun di sisi lain, Hamdan mengaku mengenal sosok Budi Gunawan terlepas dari statusnya sebagai tersangka KPK. "Saya kenal Pak Budi Gunawan, orangnya baik, sangat profesional. Penetapan tersangka, legitimasi publik," tutup Hamdan. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini