Hakim Tipikor perintahkan KPK cabut blokir rekening Hartati

Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo | Kamis, 6 Desember 2012 12:09
Hakim Tipikor perintahkan KPK cabut blokir rekening Hartati
hartati diperiksa KPK. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera mencabut pemblokiran sejumlah rekening milik terdakwa kasus suap bupati Buol, Siti Hartati Murdaya. Menurut majelis hakim, uang dalam rekening itu tidak terbukti sebagai hasil tindak pidana korupsi.

"Berdasarkan pertimbangan, majelis hakim memerintahkan jaksa penuntut umum mencabut blokir rekening atas nama Siti Hartati Murdaya, karena tidak terbukti sebagai hasil tindak pidana korupsi," kata Hakim Ketua Gusrizal Lubis saat membacakan ketetapan usai sidang lanjutan pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (6/12).

Menurut Hakim Ketua Gusrizal, pemblokiran rekening itu memang wewenang dari jaksa penuntut umum saat penyidikan. Tetapi, majelis hakim kembali mempertimbangkan mencabut blokir setelah menelaah permintaan Siti Hartati Murdaya dan penasihat hukumnya pekan lalu.

Beberapa rekening Hartati Murdaya yang bakal dicabut blokirnya antara lain ada di Bank BNI, Bank Danamon, Bank ICBC Indonesia dan lainnya. Uang dalam rekening itu semuanya dalam bentuk valuta asing yakni mata uang Dolar Amerika.

Hakim Ketua Gusrizal juga mengabulkan permintaan Hartati buat berobat rutin. Tetapi harus tetap dalam pengawalan dan jadwal berobatnya harus disesuaikan dengan jadwal persidangan.

[dan]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# Suap Bupati Buol# KPK

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE