Hadiri Panen Raya di Indramayu, Megawati Ajak Anak Muda Tak Malu Bertani

Kamis, 4 April 2019 14:00 Reporter : Merdeka
Hadiri Panen Raya di Indramayu, Megawati Ajak Anak Muda Tak Malu Bertani Megawati Soekarnoputri mengikuti panen raya padi di Indramayu. ©Liputan6.com/Delvira Hutabarat

Merdeka.com - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, mengikuti acara panen raya padi Mari Sejahterakan Petani (MSP) di Indramayu,Jawa Barat, hari ini. Kegiatan itu merupakan bagian kampanye akbar paslon 01.

Panen dilaksanakan di Desa Majakerta, Kecamatan Balongan. Di sana terdapat 10 hektare hamparan sawah.

Mengenakan baju putih, Megawati tiba didampingi Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, dan sejumlah calon legislatif dan pengurus DPD PDI Perjuangan Jawa Barat.

"MSP ini awal mulanya nama saya, kependekan (Megawati Soekarno Putri). Tapi saya bilang jangan pak. Nda usah pake nama saya. Wa singkatan saja ya bu, terserah. Yang penting menurut saya jenis jenis padi," kata Mega di Majakarta, Rabu (4/4).

Mega meminta anak muda tidak malu menjadi petani. Sebab, kebahagiaan justru hadir saat kembali ke alam.

"Jangan mereka terutama anak muda tidak mau menggarap sawah," ucapnya.

Sementara itu, pemilik bibit padi sekaligus kader PDI Perjuangan, Surono Danu, mengatakan padi MSP sudah ditanam mencapai empat ribu hektare. Paling banyak ada di Kalimantan Tengah sekitar seribu hektare.

Surono ingin Kementerian Pertanian aktif menyejahterakan kaum marhaen. Sebab, Kementerian Pertanian merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam mengangkat kedaulatan pangan negara.

Surono bercerita soal temuan bibit padi yang dia kelola. Menurutnya, temuan itu melewati proses ujicoba yang lama. Awalnya dia tinggal di Lampung dan mengumpulkan 181 varietas unggul lokal dari Sumatera. Dia melakukan seleksi selama 2 tahun lewat penanaman. Akhirnya berhasil menemukan varietas unggulan dan mengawinkan pejantan Rindu dengan betina di Sekam Kuning dan Sekam Putih.

Reporter: Megawati Soekarnoputri

Sumber: Liputan6.com [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Megawati Soekarnoputri
  2. PDIP
  3. Indramayu
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini