Hadapi Mudik, Pelayanan Kesehatan di Banyuwangi Harus Tetap Optimal

Rabu, 22 Mei 2019 15:55 Reporter : Ulil Albab
Hadapi Mudik, Pelayanan Kesehatan di Banyuwangi Harus Tetap Optimal Wakil Bupati Kabupaten Banyuwangi Yusuf Widyatmoko melakukan kunjungan ke sejumlah Puskesmas di Kabu. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Bupati Kabupaten Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko melakukan kunjungan ke sejumlah Puskesmas di Kabupaten Banyuwangi, Rabu (22/5). Kunjungan ke Puskesmas dilakukan untuk memastikan kesiapan fasilitas menghadapi pelayanan jelang peningkatan arus mudik.

"Di bulan Ramadan kita ingin melihat sudah ada peningkatan pasien atau tidak. Harus ada penanganan khusus buat pemudik, karena mereka telah melakukan perjalanan jauh yang melelahkan," Kata Yusuf usai melakukan kunjungan ke Puskesmas Gitik dan Puskesmas Benculuk, Banyuwangi.

Yusuf mengatakan, kunjungannya untuk memastikan fasilitas di Puskesmas dan pegawai yang bakal berjaga sudah siap melayani pemudik. Beberapa fasilitas Puskesmas yang ditinjau antara lain fasilitas poliklinik, Unit Gawat Darurat, dan tempat rawat inap.

"Menjelang arus mudik lebaran, selain terkait fasilitas, kesigapan pegawai harus maksimal. Karena potensi kecelakaan dan sakit ketika bepergian jauh sangat rawan terjadi pada arus mudik," ujarnya.

Apalagi kata Yusuf, pekan depan dipastikan arus mudik akan semakin padat. "Ini sudah hari 17 Ramadan, makin mendekati lebaran, pemudik akan makin banyak dan pasien akan semakin banyak," ujarnya.

Puskesmas Gitik dan Puskemas Benculuk yang dikunjungi Yusuf, tergolong pusat pelayanan kesehatan yang mempunyai fasilitas lengkap di Banyuwangi. Selain poliklinik, Puskesmas tersebut juga mempunyai layanan UGD 24 jam, rawat inap dengan kapasitas belasan tempat tidur.

"Yang di Puskesmas Gitik ada 18 tempat tidur dan 19 tempat tidur di Puskesmas Benculuk," ujarnya.

Tidak hanya fasilitas kesehatan, Yusuf juga memantau kondisi bangunan Puskesmas yang dinilai terdapat bagian yang perlu dirobohkan dan diganti. Hal ini untuk memastikan kondisi fisik bangunan pelayanan tetap layak digunakan.

"Ada bangunan lama yang perlu diperbaiki, dan ini sudah diajukan untuk dirobohkan dan diganti dengan yang baru. Tapi kami akan menurunkan tim untuk mengecek fungsi dan kegunaan masih layak tidaknya," katanya. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Berita Banyuwangi
  2. Banyuwangi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini