Hadapi Corona, Daop 6 Yogyakarta Desain Baju Steril Untuk Kru KAI

Minggu, 22 Maret 2020 06:33 Reporter : Arie Sunaryo
Hadapi Corona, Daop 6 Yogyakarta Desain Baju Steril Untuk Kru KAI Ilustrasi PT KAI. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta serius dalam mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 di wilayah kerjanya. Tak hanya penumpang keselamatan karyawan juga diutamakan.

"Jadi kita ini tidak semata-mata mencari provit, tapi keselamatan penumpang dan karyawan juga diutamakan," kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto saat ditemui merdeka.com di Stasiun Purwosari, Solo, Sabtu (21/3).

Untuk keselamatan penumpang, khususnya meminimalisir penularan Corona, PT KAI telah melakukan berbagai upaya. Diantaranya strerilisasi semua stasiun pemberhentian, sterilisasi sarana setiap 2 hari sekali. Pihaknya juga telah menambahkan fasilitas wastage, hand sanitizer serta alat pengukur suhu tubuh serta lainnya.

"Pergerakan awak KA selalu dipantau. Kita akan desain baju khusus yang steril untuk para petugas kita di lapangan yang berhubungan langsung dengan penumpang biar terhindar dari penularan Corona," jelasnya.

Terkait imbauan presiden agar karyawan bekerja dari rumah atau work from home, Eko mengaku, tidak bisa dilakukan. Pasalnya PT KAI seperti halnya rumah sakit saat ini sebagai pelayan publik.

"Di tempat kami tidak ada work from home. Kami ini layanan publik, tidak mungkin dilakukan di rumah," pungkasnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini