Habibie: Setgab itu enggak penting

Jumat, 8 Maret 2013 16:45 Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo
BJ Habibie. citraindonesia.com

Merdeka.com - Mantan Presiden Republik Indonesia, Baharuddin Jusuf Habibie, menyindir pembentukan Sekretariat Gabungan (Setgab), pada sistem pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Menurut dia, hal itu bukan prioritas karena sebetulnya inti penyelenggaraan negara yang maju adalah struktur pemerintahan yang ringkas dan tepat guna.

"Sekarang malah dibentuk Setgab. Apa itu? Enggak penting itu Setgab," kata Habibie saat memaparkan makalah soal pembangunan nasional bidang politik, hukum, pertahanan, dan keamanan, di Gedung badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Jakarta, Jumat (8/3).

Menurut Habibie, saat reformasi bergulir, dia sudah menetapkan keputusan perampingan struktur pemerintahan. Menurut dia, hal itu demi mendukung efisiensi dan kelancaran kerja pemerintah.

Habibie pun menyindir para pejabat atau menteri yang masih merangkap jabatan dalam partai. Menurut dia, saat ini bukan masanya para pejabat negara masih terikat dengan partai. Hal itu, menurut dia, malah akan menghambat kerja pemerintah.

"Karena Anda dipilih langsung oleh rakyat, jadi anda harus bertanggung jawab kepada rakyat," ujar Habibie. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. BJ Habibie
  2. Setgab Koalisi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini