Habib Bahar Hina Jokowi, Fadli Zon Minta Pemerintah Santai

Kamis, 29 November 2018 16:58 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Habib Bahar Hina Jokowi, Fadli Zon Minta Pemerintah Santai Ilustrasi Fadli Zon bicara soal Habib Bahar. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Habib Bahar bin Smith dipolisikan sejumlah pihak akibat ucapan dalam ceramahnya yang dianggap menghina Presiden Jokowi. Selain dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Habib Bahar juga dilaporkan ke Bareskrim Polri.

Meski belum mencermati isi ceramah, Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai Habib Bahar adalah sosok yang cerdas dan kritis.

"Yang saya tahu sih Habib Bahar itu orangnya cerdas, orangnya tajam, cerdas dan mungkin agak kritis. Tapi kalau hal-hal yang cuma asosiatif, itu kan bukan menuduh tapi asosiatif mungkin, metafor atau abstraksi. Makanya saya belum dengar jadi saya harus cek dulu," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/11).

"Tetapi kalau itu maksudnya metafor, pengandaian, ya enggak usah 'baper' lah. Itu biasa lah demokrasi gitu," sambungnya.

Fadli menjelaskan, hal itu wajar bila bermaksud suatu kritikan asal tidak menyebar hoaks dan fitnah. Menurutnya, setiap orang punya gaya masing-masing bila ingin mengkritik suatu hal.

"Ada yang gayanya orator, ada yang gayanya biasa-biasa, ada yang caranya menyindir, ada yang memakai metafor gitu ya. Kan penceramah-penceramah ini kaya dengan diksi juga, jadi enggak usah dikriminalisasi nanti akan rugi sendiri kalau dikriminalisasi," ujar Fadli.

Politikus Partai Gerindra itu menilai bila ucapan Habib Bahar diusut ke ranah hukum bisa memantik perpecahan. Fadli ingin pemerintah santai menyikapi diksi-diksi yang bermakna kritikan.

"Kalau ada penceramah-penceramah itu dicari, dikriminalisasi yang rugi ya pemerintah artinya pemerintah ini memang mengalami islamophobia, dan menurut saya memang terjadi sekarang karena mereka seperti panik. Ada ceramah ya biasa aja," katanya.

Berikut isi ceramah Bahar yang dianggap merendahkan Jokowi.

"Kalau kamu ketemu Jokowi, kamu buka celananya itu, jangan-jangan haid Jokowi itu, kayaknya banci itu".

Akibatnya, Habib Bahar dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Ketum Cyber Indonesia Muannas Alaidid dan ke Bareskrim Polri oleh Sekjen Jokowi Mania, Laode Kamaruddin atas dugaan kejahatan terhadap penguasa umum dan ujaran kebencian. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini