Gunung Semeru Erupsi, AirNav Keluarkan Peringatan untuk 3 Bandara

Minggu, 4 Desember 2022 21:04 Reporter : Kirom
Gunung Semeru Erupsi, AirNav Keluarkan Peringatan untuk 3 Bandara Penampakan Gunung Semeru yang Muntahkan Awan Panas Guguran. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Gunung Semeru kembali erupsi disertai awan panas guguran (APG) hari ini. Peristiwa yang menyebabkan letusan selama periode pukul 02.46-06.00 WIB, patut diwaspadai. Terutama pada sisi penerbangan dan lalu lintas udara.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Rosedi, mengatakan pihaknya telah mengeluarkan peringatan ASHTAM No. VAWR3537 untuk wilayah yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Seperti Bandara Internasional Juanda, Surabaya dan Bandara Abdurahman Saleh, Malang," jelas dia dalam keterangan tertulis, Minggu (4/12).

Berdasarkan hasil koordinasi dan pemeriksaan sementara di lokasi tersebut, kata Rosedi, kondisi personel, bangunan, dan fasilitas navigasi penerbangan masih dalam kondisi aman. Termasuk runway untuk aktivitas take-off atau landing pesawat.

"Hingga statement ini dikeluarkan operasional penerbangan dan pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Juanda dan Abdurrahman Saleh berjalan normal," terangnya.

Saat ini, kata Rosedi, personel cabang Surabaya dan Malang terus bersiaga untuk mengantisipasi adanya kemungkinan erupsi susulan.

"Terlebih, Jawa Timur merupakan salah satu wilayah yang cukup sering diguncang erupsi dan gempa letusan awan panas. AirNav Indonesia terus berkoordinasi dengan Stakeholder penerbangan terkait update kondisi di lapangan," pungkas dia. [lia]

Baca juga:
Dahsyatnya Erupsi Gunung Semeru Menerjang Jembatan Gladak Perak
Gunung Semeru Erupsi, Warga Lumajang: Sumberwuluh Mulai Gelap
Ini Jarak Aman Erupsi Gunung Semeru Bagi Warga
Status Naik Jadi Awas, Ini 5 Fakta Terbaru Erupsi Gunung Semeru
Hujan Abu Erupsi Semeru: Desa Supiturang Lumajang Mendadak Gelap, Warga Mengungsi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini