Gunung Raung Mulai Normal, Pendaki Boleh Naik Tapi Dilarang Menginap

Sabtu, 28 November 2020 01:31 Reporter : Muhammad Permana
Gunung Raung Mulai Normal, Pendaki Boleh Naik Tapi Dilarang Menginap Gunung Raung. ©istimewa

Merdeka.com - Aktivitas vulkanologi di Gunung Raung dilaporkan telah turun. Dengan demikian gunung berapi yang melintasi 3 kabupaten di Jawa Timur (Jember, Banyuwangi, Bondowoso) turun statusnya dari level II (waspada) menjadi level I (Normal).

Penurunan status Gunung Raung tersebut berdasarkan surat dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang dikeluarkan per Jumat 27 November 2020 ini.

“Benar, mulai pagi tadi status Gunung Raung sudah diturunkan menjadi normal. Hal ini berdasarkan hasil evaluasi, sejak tanggal 4 Oktober hingga 27 November. Pada pukul 6 pagi tadi sudah tidak terlihat hembusan gas ataupun erupsi efusif dan eksplosif," KATA Kepala Pos Pemantauan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo saat dikonfirmasi pada Jumat (27/11).

Pemantauan aktivitas vulkanik gunung raung dilakukan dari Pos Pengamatan Gunung Api Raung yang berada di Desa Mangaran, kecamatan Songgon, Banyuwangi.

Gunung Raung mulai naik ke level II (Waspada) sejak 17 Juli 2020 lalu. Hal ini kerena terjadi peningkatan aktivitas kegempaan dan lontaran material vulkanik hingga 300 meter dari kawah Gunung Raung.

Dengan penurunan status ini, para pendaki sudah diperbolehkan naik ke Gunung Raung. Namun mereka dilarang mendekati kawah dan tidak boleh menginap.

“Untuk menghindari potensi gas vulkanik yang berbahaya bagi manusia. Sehingga boleh naik tapi tidak boleh mendekati kawah ataupun menginap," tegas Mukijo.

Baca Selanjutnya: Peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Raung...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Gunung Raung
  3. Jember
  4. Pendakian Gunung
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini