Gunakan paspor Meksiko palsu, WN China diciduk petugas di Bandara Soekarno Hatta

Sabtu, 11 Agustus 2018 04:35 Reporter : Kirom
Gunakan paspor Meksiko palsu, WN China diciduk petugas di Bandara Soekarno Hatta WN Tiongkok diamankan Imigrasi Bandara Soetta. ©2018 Merdeka.com/Kirom

Merdeka.com - LJC (34), Warga Negara asal China diamankan petugas Imigrasi Bandara Soekarno Hatta. Hal itu, setelah diketahui petugas karena, WNA ini menggunakan paspor palsu asal Meksiko.

"Kemarin pukul 01.30 WIB telah kita tangani WNA mendarat dengan Xianmen Air, yang bersangkutan berkewarganegaraan China," ucap Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandara Soetta, Enang Supriyadi Syamsi, Jumat (10/8/2018).

Diungkapkan Enang, LJC datang ke Indonesia pada dini hari dengan menggunakan paspor Meksiko yang diduga palsu. Hal itu terlihat dari blanko paspor Meksiko yang digunakan WNA tersebut.

"Memang terlihat seperti aslinya, kemudian mereka melalui sindikat tertentu. Menurut pengakuan sementara dari yang bersangkutan bahwa blanko (paspor ini) diperoleh di China, (dibeli) melalui online shop dengan harga 300 Yuan," ungkap Enang.

Menurut Enang, WNA bermasalah tersebut memanfaatkan waktu dan menunggu petugas lengah. Kebanyakan WNA yang bermasalah umumnya mencari penerbangan malam dan dini hari untuk masuk ke Indonesia.

"Kemungkinan mereka mencari kelengahan petugas, mereka mendarat pada dini hari dimana para petugas mulai lelah. Saat petugas lelah, mereka datang dan mencari momen-momen itu. Disamping itu, mereka juga datang menggunakan penerbangan lowcost (penerbangan murah)," terang dia.

Enang menyebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kedutaan China untuk Indonesia di Jakarta. WNA tersebut pun akan segera ditolak dan dipulangkan ke negara asalnya.

"Tadi kami kerjasama dengan kedutaan besar China yang ada di Jakarta. Kemudian biarkanlah ranah hukumnya nanti negara China yang menghukum yang bersangkutan," jelasnya.

"Malam ini kita akan kembalikan yang bersangkutan ke negara asalnya," tandas Enang. [ded]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini