Gugus Tugas Covid-19 Lihat Tren Penurunan Zona Merah

Jumat, 3 Juli 2020 12:52 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Gugus Tugas Covid-19 Lihat Tren Penurunan Zona Merah Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Prof. Drh. Wiku Adisasmito. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prof. Drh Wiku Adisasmito mengatakan perubahan data zonasi Covid-19 menunjukkan tren penurunan zona merah yang berarti risiko peningkatan kasus dari waktu ke waktu turun.

Data Gugus Tugas menunjukkan penurunan zona merah atau daerah dengan risiko tinggi dari 108 daerah per 31 Mei 2020 turun menjadi 65 daerah per 7 Juni. Angka itu kemudian turun menjadi 51 daerah per 14 Juni sempat naik menjadi 57 daerah per 21 Juni, tapi kemudian kembali turun ke 53 daerah per 28 Juni.

"Kalau melihat kondisi setiap minggu dari Mei sampai dengan 28 Juni di situ terlihat daerah merahnya dari banyak makin lama makin turun. Artinya, risiko peningkatan kasusnya dari waktu ke waktu turun," kata Wiku dilansir Antara, Jumat (2/7).

Melihat kondisi Indonesia, tidak boleh hanya dilakukan di pusat tapi juga harus memperhatikan kondisi setiap daerah. Ketangguhan bangsa Indonesia bisa dilihat dengan keberadaan zona hijau dan kuning yang berada di sekitar 50 persen dari total kabupaten/kota.

Baca Selanjutnya: Total zona hijau dan kuning...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini