Gubernur Sulut minta bupati cegah perkembangan ISIS

Jumat, 8 Agustus 2014 12:02 Reporter : Mohamad Taufik
Gubernur Sulut minta bupati cegah perkembangan ISIS Militan ISIS. ©Reuters

Merdeka.com - Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang meminta para bupati dan wali kota setempat mencegah perkembangan paham dan ideologi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Pencegahan itu sebagai tindak lanjut dari surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) bernomor 450/3806/SJ tanggal 7 Agustus 2014," kata Gubernur seperti dikutip Kabag Humas Pemprov Sulut DR Jemmy Kumendong di Manado, Jumat (08/08).

Seperti diberitakan Antara, Surat Mendagri bernomor 450/3806/SJ itu ditujukan kepada gubernur, bupati, dan wali kota di seluruh daerah.

Kumendong mengatakan, Gubernur Sarundajang menjelaskan surat edaran Mendagri itu tentang peran aktif kepala daerah dalam penanganan penyebaran paham dan ideologi gerakan ISIS di Indonesia.

Isi surat edaran tersebut meminta para kepala daerah melakukan usaha dan langkah penanganan terkait ISIS.

Edaran ini menyikapi kegiatan pembaiatan sejumlah orang menjadi pengikut ISIS di Solo, Jawa Tengah, pada 15 Juli 2014. Sebelumnya ajakan untuk bergabung ini disebarkan melalui video perekrutan yang dirilis kelompok ISIS.

Selanjutnya, Mendagri meminta koordinasi dan kerja sama secara optimal dengan unsur pimpinan daerah, desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi secara berjenjang untuk mencegah berkembangnya paham dan ideologi ISIS.

Meningkatkan koordinasi antara pemerintah daerah, TNI/Polri, BIN, Imigrasi, Kementerian Agama, dan instansi terkait di daerah masing-masing. Memberdayakan peran forum kemitraan masyarakat.

Mendagri mengimbau masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh paham dan ideologi ISIS, dan meminta masyarakat melaporkan perkembangan situasi sosial politik, ketertiban, dan keamanan di daerah melalui posko pusat komunikasi dan informasi Kemdagri, kata Sarundajang dikutip Kabag Humas Jemmy Kumendong. [mtf]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ekstremis ISIS
  3. ISIS Di Indonesia
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini