Gubernur Jateng, DKI, Jabar dan Jatim Sepakat Larang Warga Mudik Cegah Covid-19

Sabtu, 28 Maret 2020 13:55 Reporter : Merdeka
Gubernur Jateng, DKI, Jabar dan Jatim Sepakat Larang Warga Mudik Cegah Covid-19 3 Gubernur Lakukan Any Song Challenge. Instagram/@ridwankamil ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Demi memutus rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19, 4 Kepala Daerah di Pulau Jawa sepakat melarang warganya pulang ke kampung halaman masing-masing. Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mengaku telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

"Kemarin saya sudah berkoordinasi dengan Pemda DKI, dengan Gubernur Jawa Barat, selanjutnya saya akan koordinasi dengan Gubernur Jawa Timur. Kita membuat kesepakatan bersama untuk melarang warga pulang ke daerah asal," tutur Ganjar dalam video yang diunggah di akun Instagramnya @ganjar_pranowo, Sabtu (28/3).

Ganjar menegaskan agar yang di Jakarta tetaplah di Jakarta. Begitu pula yang di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Bahkan dia sepakat dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk mengkategorikan seluruh pemudik sebagai Orang Dalam Pengawasan (ODP) Covid-19.

"Maka bupati, wali kota, hingga kepala desa agar mendata siapa saja pemudik yang sudah datang. Kemudian pemudik ini harus mengisolasi diri di rumah selama 15 hari. Segera melapor jika merasakan gejala sakit agar segera ditangani," jelas dia.

Ganjar meminta masyarakat tidak menganggap enteng dan menyepelekan pandemi Covid-19.

"Ini masalah hidup mati. Karena itu mohon sekali lagi saya mohon jangan bersikap meremehkan, jangan semaunya sendiri. Ini masalah kita bersama yang harus kita selesaikan juga dengan kebersamaan. Anda berdiam di rumah Insyaallah kita semua selamat. Atau anda nekat kita semua terancam tidak selamat," kata Ganjar.

Reporter: Nanda Perdana
Sumber : Liputan6.com [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini