Gubernur Bali Tunggu Aturan Pengetatan Pemerintah Pusat Cegah Varian Omicron

Senin, 29 November 2021 11:53 Reporter : Moh. Kadafi
Gubernur Bali Tunggu Aturan Pengetatan Pemerintah Pusat Cegah Varian Omicron Gubernur Bali Kritik Impor Pangan: Di Mana Muka Kita sebagai Bangsa. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Bali, akan menunggu aturan kebijakan pengetatan dari Pemerintah Pusat untuk mencegah adanya varian baru Omicron yang terdeksi di Afrika Selatan dan juga pengetatan saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 nanti.

Gubernur Bali Wayan Koster juga mengatakan, untuk saat ini dengan adanya varian baru Omicron pihaknya akan mendorong masyarakat Bali agar lebih tertib dan disiplin melaksanakan Protokol Kesehatan (Protkes).

"Tentu, kita mendorong masyarakat untuk protkes secara tertib dan disiplin seperti yang sekarang ini," kata Koster kepada wartawan di Gedung DPRD Bali, Senin (29/11).

Sementara, untuk pengetatan di pintu-pintu masuk Bali terutama bagi pelaku perjalanan luar negeri pihaknya menunggu kebijakan Pemerintah Pusat dan saat ini masih dirumuskan. Hal yang sama, juga terkait menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk pengetatan wisatawan domestik masuk Pulau Dewata akan diatur oleh Pemerintah Pusat.

"Itu sudah menjadi kebijakan pemerintah pusat yang sedang dirumuskan. (Pengetatan Nataru) sudah diatur oleh Pemerintah Pusat," ujar Koster.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperketat pintu masuk kedatangan internasional baik di simpul transportasi udara, laut maupun darat. Hal tersebut dilakukan guna mencegah varian covid B.1.1.529 atau omicron masuk ke Indonesia.

"Penyesuaian ini merupakan langkah antisipatif Kemenhub untuk mencegah masuknya varian baru covid-19 ke Indonesia. Ini dilakukan dengan memperketat penerapan protokol kesehatan di simpul-simpul transportasi, seperti bandara, pelabuhan, dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN)," kata Budi Karya, Menteri Perhubungan, Senin (29/11).

Budi menambahkan guna melakukan pengetatan itu, pihaknya akan menerbitkan Surat Edaran (SE) Kemenhub tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional. [ded]

Baca juga:
Pemerintah Diminta Tak Terapkan PPKM Level 3 & 4 Hadapi Varian Omicron, ini Sebabnya
Ada Varian Omicron, Pemerintah Diminta Cadangkan Anggaran Sektor Kesehatan
Afrika Selatan Minta Negara di Dunia Cabut Larangan Perjalanan karena Covid Omicron
Masukan Ahli untuk Pemerintah Demi Cegah Varian Omicron Masuk Indonesia
Cegah Perekonomian Terganggu, Pemerintah Diminta Antisipasi Cepat Varian Omicron
Kanada Deteksi Dua Kasus Covid-19 Varian Omicron
Menkes: Risiko Terbesar Omicron di RI dari Hong Kong, Italia dan Inggris

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini