Gua di Purbalingga Disulap Jadi Catwalk Peragaan Busana Batik

Selasa, 15 Oktober 2019 09:54 Reporter : Abdul Aziz
Gua di Purbalingga Disulap Jadi Catwalk Peragaan Busana Batik Goa Lawa Purbalingga. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Gua Lawa Purbalingga (Golaga) tengah dipersiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga menjadi catwalk peragaan busana batik. Di dalam peragaan busana batik tersebut, ratusan busana batik dari Purbalingga akan diperagakan oleh ratusan model untuk menyemarakkan Peringatan Hari Batik Nasional.

Ketua Dekranasda Kabupaten Purbalingga, Rizal Diansyah mengatakan peragaan batik di dalam gua juga untuk mengangkat eksotisme Golaga pada publik. Peragaan Batik dalam gua sendiri diberi tajuk Batik In The Cave, Golaga Memikat.

"Nanti kami akan mengundang tamu dari Jakarta, Gubernur Jateng, maupun para Bupati sekitar untuk melihat keindahan Golaga. Nanti ada fashion show dengan director oleh desainer Samuel Wattimena," kata Rizal, Selasa (15/10).

Peragaan batik di dalam gua ini akan berlangsung pada 27 Oktober 2019 mendatang. Peragaan batik akan diikuti oleh model dan perancang nasional juga model dan perancang dari Purbalingga.

Selain acara Batik In The Cave Golaga Memikat, ada juga program Lenggak Lenggok Batik Purbalingga. Para modelnya dari perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Purbalingga. Mereka akan menggunakan batik asil Purbalingga rancangan dari desainer-desainer Purbalingga.

"Ada sekitar 200 batik dari pembatik Purbalingga dan 20 desainer yang merupakan warga asli Purbalingga dengan tema yang sudah disediakan oleh pihak panitia," imbuh Rizal.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat mendongkrak popularitas batik dari Purbalingga. Selain itu memunculkan potensi para desainer-desainer Purbalingga dan memperkenalkan hasil karyanya kepada publik.

"Teman-teman pembatik, mereka bisa berjualan apalagi besok itu kan temanya Ready to Wear, dia bisa membuat batik yang kira-kira bisa digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Jadi tujuannya itu untuk meningkatkan, mengembangkan batik purbalingga dan teman-teman desainer Purbalingga," pungkasnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Fashion
  2. Wisata Alam
  3. Batik
  4. Purbalingga
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini