Gibran Pantau Aksi 212 di Plaza Manahan

Kamis, 2 Desember 2021 14:08 Reporter : Arie Sunaryo
Gibran Pantau Aksi 212 di Plaza Manahan Gibran Pantau Aksi 212 di Plaza Manahan. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terlihat ikut memantau aksi reuni alumni 212 di Plaza Manahan, Kamis (2/12) siang. Putra sulung Presiden Jokowi itu tiba di lokasi aksi sekitar pukul 12.45 WIB dan disambut Kapolresta Surakarta, Kombes Ade Safri Simanjuntak.

Saat Gibran datang, tak terlihat massa alumni 212 di lokasi. Area sekitar Plaza Manahan juga terlihat pagar blokade yang dipasang Satpol PP dan Polresta Surakarta. Hanya beberapa orang berpakaian jubah putih nampak di sekitar patung Soekarno.

Gibran dan Ade Safri tampak berbincang. Namun tidak diketahui apa yang diperbincangkan. Tak lama berada di lokasi, ia pun segera meninggalkan Plaza Manahan.

Terkait aksi alumni 212, Gibran meminta masyarakat agar menghindari adanya kerumunan yang bisa menimbulkan penularan Covid-19.

"Kita hindari kerumunan-kerumunan dulu lah," katanya.

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Kapolresta sejak kemarin. "Jangan ngumpul-ngumpul dulu pokoknya," tandasnya.

Pantauan di lokasi, sejak Kamis pagi polisi telah memperketat pengamanan di wilayah perbatasan dan mencegah massa masuk ke Solo. Penyekatan juga dilakukan di area yang akan digunakan untuk berkumpulnya massa.

Kapolresta menambahkan, pihaknya menerjunkan sekitar 700 personel untuk mengantisipasi masuknya peserta reuni alumni 212.

"Ada 700 personel kita siagakan. Kita juga lakukan penyekatan di 6 pintu masuk Kota Solo," katanya.

Selain kepolisian, pengamanan juga dibantu oleh personel TNI dan Satbrimob Polda Jateng. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan seluruh Kapolres di wilayah Solo Raya untuk membantu melakukan penyekatan massa Reuni 212.

Mantan Kapolres Karanganyar menegaskan, pihaknya tidak memberikan izin pelaksanaan kegiatan di Plaza Manahan maupun tempat terbuka umum atau fasum lainnya di wilayah hukum Polresta Surakarta, karena beberapa pertimbangan.

"Kita tidak berikan izin karena panitia tidak mendapatkan rekomendasi dari Satgas Gugus Tugas Kota Surakarta untuk melaksanakan giat reuni 212 Solo Raya di Plaza Manahan," katanya.

Selain itu, lanjut dia, pertimbangan situasi pandemi saat ini, dimana tambahan angka kasus positif harian covid di Kota Solo naik signifikan di 3 minggu berturut2-turut.

"Kita juga antisipasi penyebaran virus corona varian baru omicorn yang tingkat penyebarannya 5 kali lebih cepat atau masif dibandingkan varian delta," pungkas Ade. [eko]

Baca juga:
Polisi Halau 500 Peserta Reuni 212 yang Ingin Menuju Kawasan Patung Kuda Monas
Massa Reuni 212 Dibubarkan Polisi, Jalan MH Thamrin-KH Wahid Hasyim Lengang
Barikade Kawat Berduri Dipasang untuk Cegah Kerumunan Massa Reuni 212
Polisi Tegaskan Pidanakan Massa Nekat Gelar Reuni 212 di Patung Kuda
Aparat Polisi Bubarkan Massa Reuni 212
Imbas Reuni 212, Penumpang 12 KA ini Bisa Naik di Stasiun Jatinegara
Soal Reuni 212, Kasad Minta Tak Lakukan Aksi karena Izin Tidak Ada
Soal Reuni 212, Kasad Minta Tak Dilanjutkan karena Izin Tidak Ada

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini