Gibran Optimis Herd Immunity Segera Tercapai di Solo

Kamis, 17 Juni 2021 18:17 Reporter : Arie Sunaryo
Gibran Optimis Herd Immunity Segera Tercapai di Solo Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Sejumlah kepala daerah tengah gencar menggelar vaksinasi Covid-19 agar tercapai kekebalan komunal alias herd immunity. DKI Jakarta dan Bali menjadi dua provinsi di atas 50 persen yang telah merealisasikan vaksinasi.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka optimis di daerahnya juga bakal segera mencapai kekebalan komunal. Hal ini tampak dari antusiasme warga Solo untuk melakukan vaksinasi.

Antusiasme warga terlihat saat hari pertama di kawasan Ngarsapura, kemudian hari kedua di Srambatan dan hari ketiga Kamis (17/6) di Sekip Kelurahan Kadipiro.

"Kita benar-benar berupaya untuk mencapai sasaran vaksinasi yang tinggi bagi seluruh elemen masyarakat. Alhamdulillah antusiasme warga tergolong menggembirakan. Ini mencerminkan baiknya kesadaran warga untuk mencapai kesehatan bersama. Semoga herd imunnity segera tercapai," ujar Gibran, Kamis (17/6).

Dari data yang dirilis Kemenkes, program vaksinasi di Solo baru mencapai 2,68 persen dari target provinsi Jawa Tengah.

Gibran mengatakan, adanya mobil keliling tersebut merupakan langkah jemput bola untuk memudahkan warga mendapatkan vaksin. Syaratnya pun mudah. Yakni hanya dengan menunjukkan KTP Solo dan usia di atas 50 tahun.

"Tinggal hadir di lokasi, maka akan dilayani," katanya.

Gibran menambahkan, aksi mobil layanan vaksinasi akan terus berpindah ke berbagai kelurahan hingga 30 Juni 2021. Meski ada mobil keliling, layanan vaksinasi di rumah sakit dan puskesmas tetap berjalan seperti biasa.

"Dengan menggunakan metode pelayanan 'go-show' atau hadir langsung dilayani. Waktu pelayanan pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB dengan batas maksimal kemampuan pelayanan 100 sasaran per hari," jelasnya.

Namun, lantaran antusiasme warga yang tinggi untuk mendapatkan vaksinasi, dikatakannya, layanan jemput bola di hari pertama hingga ketiga ini pun menyentuh sampai 150 sasaran.
Berikut jadwal vaksinasi mobil keliling di Kota Solo:

22 Juni 2021 - Jl. Juanda
23 Juni 2021 - Jl. Veteran, area depan Kecamatan Serengan
24 Juni 2021 - Jl. Brigjen Katamso area depan TATV
29 Juni 2021 - Graha Saba Buana, Sumber
30 Juni 2021 - Lumbung Batik, Sondakan, Laweyan. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini