Gibran Minta BPBD Kota Solo Siap Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19

Selasa, 26 Oktober 2021 10:57 Reporter : Arie Sunaryo
Gibran Minta BPBD Kota Solo Siap Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19 Gibran Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri di Balai Kota Solo. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memimpin apel kesiapsiagaan bencana. Dalam penutupan arahannya, wali kota meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo siap untuk menghadapi gelombang ketiga Covid-19.

“Kita juga harus selalu siap jika nanti ada gelombang Covid-19 ketiga. Kemarin sudah dibreafing pak Menko (Menko Kemaritiman dan Investasi/Marves Luhut Pandjaitan), pak Menteri Kesehatan, pak Menteri Perhubungan juga, kita harus siap untuk menghadapi gelombang ketiga Covid-19,” katanya, Selasa (26/10).

Dia menyebut saat ini sudah muncul klaster-klaster Covid-19 di sekolah atau kalangan pelajar, seusai dimulainya kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM). Terutama pada siswa yang belum memenuhi syarat untuk vaksinasi.

“Tapi saya yakin jika nanti amit-amit ada gelombang ketiga, kita lebih siap. Oksigennya siap, nakesnya siap, rumah sakitnya siap, isoter (isolasi terpusat) siap,” ujarnya.

Gibran mengaku sudah memerintahkan Sekda (Ahyani) yang juga Ketua Pelaksana Satgas Covid-19 Kota Solo untuk mempersiapkan isoter khusus. Terutama untuk pasien anak-anak SD dan SMP.

Terkait potensi bencana alam memasuki musim hujan, putra Presiden Jokowi itu minta agar BPBD mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir dan longsor di sejumlah titik. Ia juga meminta BPBD menyiapkan personel dan sarana prasarana serta berkoordinasi dengan stakeholder terkait.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait mitigasi bencana saat musim hujan, dikatakannya, di antaranya adalah, pemantauan kesiapan masyarakat di titik rawan bencana. Kemudian pengecekan infrastruktur serta sarana dan prasarana untuk mengantisipasi jika terjadi bencana.

“Pastikan juga early warning system sudah aktif atau belum. Kemudian terakhir mengatur saluran air untuk mengurangi gangguan stabilitas aliran air selama musim hujan,” ungkapnya.

Gibran berharap upaya mitigasi bencana dapat dimaksimalkan, terlebih untuk mengedukasi warga Kota Solo agar peduli pada kesiapsiagaan bencana. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini