Gerindra NTT: Secara Administratif Tak Ada Salah dengan Dokumen Orient Riwu Kore

Minggu, 7 Februari 2021 20:19 Reporter : Ananias Petrus
Gerindra NTT: Secara Administratif Tak Ada Salah dengan Dokumen Orient Riwu Kore Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient P Riwu Kore (Kiri). Istimewa

Merdeka.com - Dewan Perwakilan Daerah Partai Gerindra Nusa Tenggara Timur (NTT) akhirnya angkat bicara terkait polemik status kewarganegaraan Bupati Sabu Raijua terpilih Orient P. Riwu Kore. Gerindra merupakan salah satu partai pengusung paket IE-RAI, pasangan calon Orient P. Riwu Kore - Thobias Uly.

Sekretaris DPD Partai Gerindra Nusa Tenggara Timur, Gabriel Beri Bina mengatakan, pendaftaran Orient sebagai calon bupati ke KPU Sabu Raijua sebagai warga negara Indonesia dibuktikan dengan kepemilikan pasport dan KTP Kota Kupang yang sah. Menurut Beri Bina, sebagai warga negara Indonesia, Orient mempunyai hak mencalonkan atau dicalonkan sebagai bupati atau wakil bupati.

"Saat mendaftar Orient punya KTP asli. Dan itu sesuai dengan persyaratan yang berlaku di Gerindra. Jadi secara administratif itu sah," kata Beri Bina, Minggu (7/2).

Beri Bina menjelaskan, sebelum mendaftar ke KPU Sabu Raijua, semua kelengkapan dokumen milik Orient sudah diklarifikasi KPU dan Bawaslu. Sehingga, dia meminta negara harus adil memproses polemik ini.

"Secara administratif tidak ada yang salah dengan dokumen Orient Riwu Kore. Kita serahkan ke negara untuk ambil keputusan yang bijak, tanpa korbankan suara rakyat," kata dia.

Hal yang sama juga dikatakan ketua DPD partai Gerindra Nusa Tenggara Timur, Esthon Foenay. Menurut Esthon, partai Gerindra melakukan pemeriksaan persyaratan calon bupati sesuai syarat yang berlaku di Gerindra dan persyaratan itu sudah sesuai prosedur.

"Seluruh proses itu diawasi KPU dan Bawaslu," ujar dia.

Esthon berharap proses ini tidak membuat gaduh atau konflik di Kabupaten Sabu Raijua. "Kita serahkan prosesnya ke instansi terkait sesuai hukum yang berlaku. Mari kita jaga Kamtibmas, agar masyarakat Sabu Raijua tidak terpecah belah," tandasnya.

Baca Selanjutnya: Kemendagri Tunda Pelantikan Bupati Sabu...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini