Gerebek Markas Hacker, Polisi Tetapkan 18 Orang Sebagai Tersangka Kasus Penipuan

Rabu, 4 Desember 2019 14:22 Reporter : Erwin Yohanes
Gerebek Markas Hacker, Polisi Tetapkan 18 Orang Sebagai Tersangka Kasus Penipuan Polisi Surabaya Tetapkan 18 Orang Hacker. ©2019 Merdeka.com/Erwin Yohanes

Merdeka.com - Polisi akhirnya menetapkan 18 orang pemuda sebagai tersangka dari penggerebekan markas hacker di Surabaya oleh unit Siber Ditreskrimsus Polda Jatim. Ke 18 pemuda yang rata-rata hanya lulusan SMK itu, kini ditahan oleh Polda Jatim.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, para pelaku rata-rata berusia 20-an tahun dan merupakan lulusan SMK. Mereka rata-rata dikaryakan oleh bos hacker usai lulus dari sekolah.

"Para tersangka akan kami proses secara hukum. Kemudian akan kami pilah-pilah untuk kami bimbing ke jalan yang benar. Mereka ini (para tersangka) merupakan remaja yang potensial," katanya, Rabu (4/12).

Ke-18 tersangka yang telah ditahan itu antara lain adalah HK, AES, AEB, YM, MTP, DAB, PRS, DZ, CD, AWK, ASP, GPW, HRP, AFM, MAF, HM, DA, MSN dan DP.

1 dari 1 halaman

Barang Bukti yang Disita

Dalam setahun, mereka bisa meraup keuntungan mencapai Rp5 Miliar. Dalam perkara ini, Polda Jatim mengamankan 23 CPU rakitan, puluhan monitor, puluhan buku rekening dan puluhan kartu ATM.

Sebelumnya, Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim pada Senin (2/12/2019) menggerebek praktik penipuan berbasis cyber (spamming) menggunakan kartu kredit di kawasan Balongsari Tama, Tandes, Surabaya.

"Kejahatan tersebut cukup terorganisir dan sudah berjalan selama 3 tahun. Terkait omzet yang dihasilkan dari kegiatan tersebut, dalam sebulan mereka dapat mengumpulkan setidaknya USD40.000," kata Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Gidion Arief Setyawan.

Dalam perkara ini, para tersangka dijerat pasal Pasal 30 ayat (2), Pasal 46 ayat (2), Pasal 32 ayat (1) dan Pasal 48 ayat (1) UU Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE). [ray]

Baca juga:
Ini Alasannya Komplotan Hacker Surabaya Pilih Bobol Kartu Kredit Warga Eropa
Diretas, Cuitan Huawei Hina Apple
Google Siapkan Hadiah Sejuta Dolar Jika Berhasil Retas Pixel
Peneliti Temukan Celah Keamanan di Facebook dan Instagram, Rentan Diretas?
Awas, Charging Station Bisa Antar Malware ke Smartphone yang Numpang Dicas

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini