Gempa 7,7 SR di Donggala dirasakan warga hingga ke Gorontalo

Jumat, 28 September 2018 17:42 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Ilustrasi gempa. Ilustrasi shutterstock.com

Merdeka.com - Gempa berkekuatan 7,7 skala richter mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa itu turut dirasakan warga di wilayah barat Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, tepatnya di Kecamatan Tolinggula.

"Warga sempat panik dan keluar rumah akibat guncangan gempa dirasakan cukup kuat," ujar Camat Tolinggula, Rizal Kune, di Gorontalo, Jumat (28/9).

Dia mengatakan, gempa berkekuatan tinggi dirasakan warga sekitar pukul 18.00 WITA atau saat warga selesai melaksanakan salat Maghrib. "Durasinya sekitar lima menit dan dirasakan berulang-ulang sekitar lebih dari empat kali terasa seperti guncangan gempa susulan," ungkapnya, seperti diberitakan Antara.

Gempa sebelumnya terjadi pukul 15.00 WITA. Namun tidak begitu terasa seperti gempa kedua.

Dia mengatakan, gempa kecil berulang kali masih dirasakan hingga saat ini, pukul 18.19 WITA. Oleh karenanya, warga masih banyak berada di luar rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Gempa juga dirasakan warga di wilayah Kecamatan Kwandang. Yayu Incekaya, salah satu warga Desa Moluo mengaku sempat panik merasakan gempa yang cukup kuat.

Hal yang sama dirasakan Rusni Palia, salah satu pasien rawat inap di Rumah Sakit Zainal Umar Siddiqi di wilayah Desa Bulalo. Dia mengaku, kaget merasakan gempa sama seperti pasien lainnya, namun memilih berdiam di ruang perawatan.

Sebelumnya, gempa susulan terjadi di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa kali ini berkekuatan besar mencapai 7,7 skala richter.

BMKG menginformasikan, gempa terjadi sekitar Pukul 17.02 WIB. Gempa ini terjadi di lokasi 0.18 Lintang Selatan, 119.85 Bujur Timur. Tepatnya, 27 km timur laut Donggala.

BMKG pun melaporkan bahwa gempa ini berpotensi terjadi tsunami. Kedalam gempa berada pada 10 KM.

"Potensi tsunami untuk diteruskan pada masyarakat," tulis BMKG.

Akibat gempa ini, puluhan rumah rusak. Satu orang dilaporkan meninggal dunia.

Pada pukul 13.59 WIB tadi, Donggala juga diguncang gempa. Pada waktu itu, kekuatan gempa hanya 5,9 SR. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini